SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan
: SMA/MA/SMK/MAK
Kelas : XII
Semester : Ganjil
Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
||||||
1.1
Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan ber-bahasa daerah,
serta untuk melestarikan dan
mengem-bangkan budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan
pengembangan kebudayaan Nasional.
|
1.1.1 Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan belajar.
1.1.2 Memberi salam pada saat awal
dan akhir pelajaran.
|
Terintegrasi dengan
pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
ü
Mengamati sikap spiritual dan
sosial peserta didik dalam
pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi berkaitan dengan:
-
pembiasaan berdoa dan mengucapkan salam pada saat mengawali dan mengakhiri pelajaran.
-
pembiasan bersikap jujur,
disiplin, peduli, dan santun
|
6 jp
|
|
|
2.1 Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, santun, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa daerah dalam komunikasi lisan
maupun tulis.
|
2.1.1
Mengerjakan/mengumpulkan tugas
sesuai dengan waktu yang ditentukan
2.1.2
Mengakui kesalahan atau kekurangan
yang dimiliki
2.1.3 Menghormati
orang yang lebih tua.
2.1.4 Memperlakukan
orang lain sebagaimana diri sendiri.
|
Terintegrasi dengan
pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Jurnal:
ü Catatan guru tentang peristiwa penting yang
dialami peserta didik.
Penilaian Antar Peserta Didik :
ü Menilai sikap temannya dalam kegiatan
bermain peran.
|
|
|
|
3.1
Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis penggunaan bahasa lisan dalam berbagai situasi sesuai tatakrama
|
3.1.1 Menjelaskan
unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa
3.1.2 Menjelaskan
karakteristik unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa
3.1.3
Menjelaskan penggunaan unggah-ungguh
basa/ onḍhâgghâ bhâsa dalam teks
drama.
3.1.4
Menjelaskan isi teks drama.
|
·
Teks drama yang memuat unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa
·
Konsep unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa
·
Karakteristik unggah-ungguh
basa/ onḍhâgghâ bhâsa
·
Penggunaan unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa dalam teks drama.
·
Isi teks drama
|
Mengamati
:
Ø
Peserta didik menyimak contoh
teks drama.
Ø
Peserta didik membaca
contoh teks drama.
Ø
Peserta didik mencermati
penggunaan bahasa, berkaitan dengan
isi teks drama.
Menanya :
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang struktur teks drama
yang dibaca atau disimak.
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang karakteristik bahasa yang
digunakan dalam teks drama.
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang penggunaan unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa dalam teks
drama.
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang isi teks drama
Mengumpulkan Informasi :
Ø
Peserta didik menandai
kesesuaian bahasa dengan struktur isi teks drama.
Ø
Peserta didik
mendiskusikan karakteristik bahasa
teks drama.
Ø
Peserta didik mendiskusikan
penggunaan unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa dalam teks
drama
Ø
Peserta didik mendiskusikan isi
teks drama.
Mengasosiasi
:
Ø
Peserta didik menyimpulkan
hasil diskusi terkait dengan struktur isi
dan karakteristik bahasa teks drama.
Ø
Peserta didik menyimpulkan isi teks
drama yang telah ditentukan.
Mengomunikasikan
:
Ø
Peserta didik menulis teks
percakapan (drama) sesuai kaidah
Ø
Peserta didik bermain peran
sesuai dengan teks percakapan (drama) yang telah ditulis.
Ø
Peserta didik lainnya menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tes Tulis :
ü
Menilai kemampuan peserta didik
dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi isi teks drama
secara
tertulis.
ü
Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan
unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa
Penugasan:
ü Menulis
teks percakapan (drama) secara berkelompok.
Tes
Praktik:
Ø Menilai kemampuan peserta didik menggunakan unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa dalam bermain peran.
Portofolio
:
Ø Kumpulan
tugas menulis teks percakapan (drama) yang ditulis peseta didik.
|
|
1.
|
4.1
Melakukan
simulasi penggunaan bahasa daerah dalam berbagai konteks sesuai dengan
tatakrama.
|
4.1.1
Menulis teks percakapan sesuai
dengan
kaidah.
4.1.2
Mendramatisasikan teks percakapan yang telah ditulis.
4.1.3
Memberikan komentar atau
tanggapan tentang penampilan temannya dalam bermain drama
|
·
Teknik penulisan teks
percakapan sesuai
dengan kaidah unggah-ungguhing basa/ onḍhâgghâ bhâsa
·
Teknik bermain drama.
·
Teknik memberikan tanggapan/
komentar
|
|
o Cara
bermain peran
o Unggah-ungguhing
Basa Jawa (Dwija Wiyata, Kanisius)
o Kamus
Unggah-ungguh Basa Jawa, (Harjana Hardjawijana, Kanisius)
2
|
||
2
|
||||||
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa daerah dan
menggunakannya sesuai kaidah dan konteks sosial budaya
|
1.2.1 Berserah diri kepada Tuhan
setelah berikhitiyar
1.2.2 Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan belajar.
|
Terintegrasi dengan
pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati
sikap spiritual dan sosial peserta
didik dalam pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi berkaitan
dengan:
ü
pembiasaan berdoa dan berserah
diri setelah berikhtiyar.
ü
pembiasaan tidak menyontek dan
tidak menjadi plagiat.
Penilaian
diri :
ü Peserta didik menilai diri
sendiri tentang kegiatan berdoa, kebiasaan berserah diri kepada Tuhan, tidak menyontek, dan
tidak menjadi plagiator.
|
6 jp
|
|
|
2.2 Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, dan tanggung jawab dalam menggunakan bahasa daerah untuk memahami dan menyusun teks sastra atau
non sastra
|
2.2.1
Tidak menyontek dalam mengerjakan tugas.
2.2.2
Tidak menjadi plagiator.
|
|
Jurnal:
ü Catatan guru tentang orsinalitas karya cerpen
siswa.
Penilaian Antar Peserta Didik:
ü
Peserta didik menilai sikap temannya dalam
kegiatan menulis teks cerita pendek (cerkak).
|
|
|
|
3.2 Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis karya fiksi dan nonfiksi secara lisan dan tulis
|
3.2.1
Mengidentifikasistruktur teks cerita pendek (cerkak).
3.2.2
Menganalisis struktur teks cerita pendek (cerkak).
3.2.3
Menganalisis unsur kebahasaan
teks cerita pendek (cerkak).
3.2.4
Membandingkan
karakteristik bahasa teks cerita pendek (cerkak) dengan teks sastra
lainnya.
3.2.5
Menjelaskan pesan moral teks
cerita pendek (cerkak).
3.2.6
Menerjemahkan teks cerita
pendek (cerkak) dengan ragam bahasa yang berbeda.
|
§
Teks c teks cerita pendek (cerkak).
§
Struktur teks cerita pendek (cerkak).
§
Karakteristik umum bahasa dalam teks fiksi
§
Perbandingan karakteristik teks
cerita pendek (cerkak) dengan teks sastra lainnya
§
Pesan moral teks cerita pendek
(cerkak).
§
Teknik- penerjemahan
|
Mengamati:
Ø
Peserta didik membaca teks
cerita pendek (cerkak).
Ø
Peserta didik mencermati uraian
yang berkaitan dengan karakteristik
dan struktur teks cerita pendek (cerkak).
Menanya
:
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur teks cerita pendek (cerkak).
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang unsur kebahasaan teks cerita pendek (cerkak).
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang persamaan
dan perbedaan teks cerita pendek (cerkak) dengan teks sastra lainnya.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang pesan
moral teks cerita pendek (cerkak).
Ø Peserta
didik bertaya jawab tentang teknik menerjemahkan teks cerita pendek (cerkak) ke dalam ragam bahasa
lainnya.
Mengumpulkan
informasi:
Ø
Peserta didik mencari informasi
tentang karakteristik teks cerita pendek (cerkak) dari berbagai sumber.
Ø
Peserta didik berdiskusi
tentang unsur kebahasaan teks cerita pendek (cerkak).
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan
teks cerita pendek (cerkak) dengan teks sastra lainnya.
Ø
Peserta didik berdiskusi
tentang pesan moral teks cerita pendek (cerkak).
ü
Peserta didik menganalisis struktur moral teks cerita pendek (cerkak).
Mengasosiasi:
Ø
Peserta didik menerjemahkan
teks cerita pendek (cerkak) ke dalam ragam bahasa lainnya.
Ø
Peserta didik menyimpulkan hal-hal penting berkaitan dengan teks cerita pendek (cerkak).
Mengomunikasikan:
Ø
Peserta didik menulis teks
cerpen.
Ø
Peserta didik menulis laporan
kerja kelompok tentang penerjemahan teks cerita pendek (cerkak).
Ø
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok tentang penerjemahan
teks cerita pendek (cerkak).
Ø Peserta
didik memajang hasil karyanya
Ø
Peserta didik
memberikan tanggapan hasil kerja temannya.
|
Tes Tulis :
ü
Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan tentang
struktur, unsur kebahasaan, perbandingan antar karya sastra, pesan moral teks cerita pendek (cerkak).
Penugasan:
ü Menulis
cerpen secara mandiri.
ü Menerjemahkan
teks cerita pendek (cerkak) secara berkelompok.
Tes Praktik:
ü
Membacakan teks cerita pendek (cerkak) hasil terjemahan.
ü Portofolio :
ü Kumpulan laporan hasil kerja peserta didik dalam menulis cerpen dan menerjemahkan
cerpen.
|
|
1. Kesastraan
Jawa Modern, Suripan Sadi Hutomo
2.
|
4.3 Memproduksi dan
mempublikasikan karya fiksi (naskah drama, cerita pendek, karya terjemahan)
|
4.2.1
Menulis teks cerita pendek (cerkak).
4.2.2
Mempublikasi-kan teks cerita
pendek (cerkak) hasil karangannya.
4.2.3
Menerjemahkan teks cerita pendek (cerkak) ke atau dari bahasa yang berbeda.
4.2.4
Membaca teks cerita pendek (cerkak) hasil terjemahan.
4.2.5
Mempublikasi-kan teks cerita pendek (cerkak) hasil terjemahan.
4.2.6
Mengunggah cerpen hasil karangan dan hasil terjemahan ke internet.
|
·
Penulisan cerpen terjemahan
·
Publikasi cerpen terjemahan di
majalah dinding.
·
Publikasi cerpen terjemahan di majalah berbahasa daerah.
·
Publikasi cerpen terjemahan di internet
|
|
|
||
3
|
||||||
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa daerah dan
menggunakannya sesuai kaidah dan konteks sosial budaya
|
1.2.1 Berdoa sebelum melaksanakan dan sesudah kegiatan
belajar.
1.2.2 Memberi salam pada saat awal dan
akhir pelajaran.
|
Terintegrasi dengan
pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
ü Mengamati
sikap spiritual dan sosial peserta
didik dalam pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi berkaitan
dengan:
-
pembiasaan berdoa dan mengucapkan salam.
- pembiasaan penggunaan kaidah dalam bahasa
tulis dan ketepatan pengumpulan tugas.
Jurnal:
ü Catatan guru tentang perilaku
peserta didik dalam proses pembelajaran.
|
6 jp
|
|
|
2.3
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, dan peduli dalam menggunakan
bahasa daerah untuk mengapresiasi
dan mengekspresikan karya sastra, seni, dan budaya daerah.
|
2.3.1
Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik
dan benar.
2.3.2
Mengerjakan tugas sesuai waktu yang
ditentukan.
|
|
Penilaian Antar Peserta Didik:
ü
Menilai hasil kerja temannya
dalam menulis teks anekdot (teks non sastra lainnya).
|
|
|
|
3.2 Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis karya fiksi dan non fiksi secara
lisan dan tulis.
|
3.2.1 Menjelaskan
karakteristik teks anekdot dibandingkan teks lain yang
sejenis.
3.2.2 Menganalisis struktur teks anekdot.
3.2.3 Mengidentifikasi ciri bahasa
teks anekdot.
3.2.4 Menjelaskan
isi teks anekdot.
|
·
Contoh
teks anekdot.
·
Karakteristik teks anekdot dibandingkan teks lain
yang sejenis.
·
Struktur teks anekdot (cerita lucu, dhagelan, plesetan, lelucon)
·
Karakterisrik bahasa teks anekdot (cerita lucu, dhagelan, plesetan, lelucon).
·
Isi teks anekdot.
|
Mengamati
:
Ø
Peserta didik membaca
contoh teks anekdot.
Ø
Peserta didik mencermati uraian
yang berkaitan dengan struktur, ciri
kebahasaan, dan isi teks
anekdot
(abstrak, orientasi, krisis, respon, code).
Menanya
:
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang struktur teks anekdot
(abstrak, orientasi, krisis, respon, coda).
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang ciri kebahasaan
teks anekdot.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang isi eks
anekdot.
Mengumpulkan Informasi:
Ø
Peserta didik membaca contoh
teks anekdot
yang lain.
Ø
Peserta didik
mendiskusikan struktur teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis,
respon, coda).
Ø
Peserta didik
mendiskusikan ciri bahasa teks anekdot
(pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).
Ø Peserta
didik mendiskusikan makna kata, istilah, ungkapan dalam teks anekdot.
Ø Peserta didik mendiskusikan iai teks anekdot.
Mengasosiasi
:
Ø
Peserta didik menyimpulkan hasil temuan terkait dengan
struktur isi (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda) dan ciri bahasa teks
anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal)
Ø
Peserta didik membandingkan
teks anekdot dengan teks lainnya.
Mengomunikasikan:
Ø
Peserta didik menulis sebuah teks anekdot sesuai kaidah.
Ø
Peserta didik mempublikaskan
teks anekdot.
Ø
Peserta didik membaca teks
anekdot.
Ø
Peserta didik mengunggah teks
anekdot ke internet.
Ø
Peserta didik memajang hasil
karyanya.
|
Tes Tulis :
ü Menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks anekdot (cerita lucu, dhagelan, plesetan, lelucon).
Penugasan:
ü Menulis
teks anekdot.
Tes Praktik:
ü
Membaca teks anekdot yang telah
ditulis.
Portofolio :
ü Kumpulan
hasil pekerjaan peserta didik dalam menulis teks anekdot..
|
|
|
4.2 Menyusun dan mempublikasikan
karya nonfiksi (artikel, laporan, opini, anekdot, dan atau kritik) sesuai
kaidah. .
|
4.3.1
Menuliskan sebuah teks anekdot.
4.3.2
Mempublikas-kan teks anekdot.
4.3.3
Membaca teks anekdot.
4.3.4
Mengunggah teks anekdot ke internet.
|
·
Teknik menulis teks
anekdot
·
Teknik dan syarat publikasi teks-teks anekdot di majalah sekolah
·
Teknik membaca anekdot
·
Teknik publikasi
teks anedot melalui internet
|
|
|
SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan
: SMA/MA/SMK/MAK
Kelas : XII
Semester : Genap
Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
4
|
||||||
1.1
Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah, serta untuk melestarikan dan mengembangkan
budaya daerah untuk
didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kebudayaan
Nasional.
|
1.1.1
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan belajar.
1.1.2
Memberi salam pada saat awal dan akhir pelajaran.
|
Terintegrasi
pada KI 3 dan KI 4
|
Observasi:
Mengamati sikap spiritual dan
sosial peserta didik dalam
pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi berkaitan dengan:
ü pembiasaan
berdoa dan mengucapkan salam.
ü pembiasaan
mengungkapkan perasaan apa adanya, mengikuti kaidah berbahasa yang baik, dan
melaksanakan apa yang pernah dikatakan.
Jurnal:
ü
Catatan
guru tentang perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran.
|
6 JP
|
|
|
2.1 Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalam meng-gunakan bahasa
daerah untuk memahami dan menyusun
teks berak-sara Jawa/ carakan Madura.
|
2.1.1 Mengungkapkan
perasaan apa adanya
2.1.2 Mengikuti
kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
2.1.3 Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
|
|
Penilaian
Antar Peserta Didik:
ü Menilai
hasil kerja temannya dalam menulis teks drama hasil konversi atau alih
wahana.
ü Menilai
temannya dalam bermain peran berdasarkan
teks drama hasil konversi atau alih wahana
|
|
|
|
3.2 Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis karya fiksi dan nonfiksi secara lisan dan tulis.
|
3.2.1
Menjelaskan struktur teks drama.
3.2.2
Menganalisis unsur kebahasaan
dalam teks drama.
3.2.3
Menjelaskan langkah- langkah konversi
(alihwahana) teks naratif menjadi
teks drama.
|
·
Contoh teks drama
·
Struktur teks drama gubahan
·
Unsur kebahasaan teks drama.
·
Langkah- langkah konversi
(alihwahana) teks naratif menjadi
teks drama
|
Mengamati
:
Ø Peserta
didik membaca contoh
teks drama
hasil alihwahana
(konversi).
Ø Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan
teknik mengalihwahana (mengonversi) teks naratif menjadi
teks drama.
Menanya
:
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur teks
drama.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang ciri
kebahasaan teks drama.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang teknik konversi atau alih wahana teks naratif menjadi teks drama.
Ø Peserta
didik bertanya jawan tentang isi teks drama.
Mengumpulkan
Informasi:
Ø Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang prinsip teknik alihwahana
(mengonversi) karya sastra (teks naratif menjadi teks drama).
Ø Peserta
didik mendiskusikan tentang struktur teks drama.
Ø Peserta
didik mendiskusikan tentang ciri kebahasaan teks drama.
Ø Peserta
didik mendiskusikan tentang isi teks drama.
Ø Peserta
didik berlatih melakukan konversi atau alih wahana dari teks naratif menjadi teks drama.
Mengasosiasi
:
Ø Peserta
didik menganalisis hasil alihwahana (konversi) teks naratif menjadi teks
drama.
Ø Peserta
didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam alihwahana (konversi) teks
naratif menjadi teks drama.
Mengomunikasikan
:
Ø Peserta
didik menuliskan
laporan kerja kelompok tentang analisis hasil alihwahana (konversi) teks naratif
menjadi teks drama.
Ø Peserta
didik memajang hasil karyanya.
Ø Peserta
didik memperagakan teks drama hasil alih wahana dengan kelompoknya.
Ø Peserta
didik memberi tanggapan atau komentar hasil kerja temannya.
Ø Peserta
didik mengunggah teks drama ke internet.
|
Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan struktur, unsur kebahasaan, dan isi teks drama.
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip alihwahana (konversi) dalam karya sastra
(teks naratif menjadi teks drama).
Penugasan:
ü
Mengonversi atau
mengalihwahana-kan teks naratif menjadi teks drama.
ü
Memajang hasil pekerjaan
Proyek:
ü Menulis
laporan tentang hasil analisis struktur, unsur kebahasaan, dan isi teks drama
secara berkelompok.
Tes Praktik:
ü Bermain
peran berdasarkan teks hasil alih wahana.
Portofolio :
ü Kumpulan
laporan pekerjaan peserta didik secara
berkelompok dalam mengonversi atau mengalihwahana-kan teks
naratif menjadi teks drama.
|
|
|
4.2 Memproduksi
dan mempublikasikan karya fiksi (naskah drama, cerita pendek, karya
terjemahan)
|
4.2.1
Mengonversi teks naratif menjadi teks drama.
4.2.2
Memperaga-kan teks drama.
4.2.3
Mengunggah teks drama ke internet
|
·
Teknik konversi atau alih wahana.
·
Teknik bermain peran
.
·
Teknik mengunggah
teks drama ke internet.
|
|
|
||
5
|
||||||
1.2
Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah, serta untuk melestarikan dan mengembangkan
budaya daerah untuk
didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kebudayaan
Nasional.
|
1.2.1
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan belajar.
1.2.2
Memberi salam pada saat awal dan akhir pelajaran.
|
Terintegrasi
pada KI 3 dan KI 4
|
Observasi:
ü Mengamati
sikap spiritual dan sosial peserta
didik dalam pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi berkaitan
dengan:
-
pembiasaan berdoa dan mengucapkan salam.
- pembiasaan perilaku jujur, disiplin, dan tanggungjawab.
Jurnal:
ü
Catatan
guru tentang perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran.
|
|
|
|
2.2 Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalam meng-gunakan bahasa
daerah untuk memahami dan menyusun
teks berak-sara Jawa/ carakan Madura.
|
2.2.1 Melaksanakan
tugas dengan baik.
2.2.2 Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan
2.2.3 Tidak
menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber)
|
|
Penilaian
Antar Peserta Didik:
ü Menilai
hasil kerja temannya dalam mementaskan seni pertunjukkan.
|
|
|
|
3.3
Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis seni pertunjukan.
|
3.3.1 Menyebutkan jenis-jenis seni pertunjukkan
3.3.2 Menjelaskan
ciri-ciri seni
pertunjukkan.
3.3.3 Menjelaskan struktur seni pertunjukkan.
3.3.4 Menjelaskan
pesan moral dalam seni
pertunjukkan.
3.3.5 Menjelaskan
fungsi seni pertunjukkan bagi masyarakat pendukungnya
|
·
Contoh Seni Pertunjukkan
.
·
Jenis-jenis seni pertunjukkan
·
Struktur Seni Pertunjukan (misal: drama tradisional)
·
Pesan moral dalam seni
pertunjukkan.
·
Fungsi seni pertunjukkan
|
Mengamati:
Ø
Peserta didik mengamati
berbagai jenis seni pertunjukan.
Ø Peserta didik mengidentifikasi
ciri-ciri
dan fungsi seni pertunjukan.
Menanya
:
Ø
Peserta didik bertanya jawan
tentang jenis-jenis seni
pertunjukan.
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang ciri-ciri seni pertunjukan
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang struktur seni pertunjukkan.
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang pesan moral dalam seni pertunjukkan.
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang fungsi seni pertunjukan
Mengumpulkan
Informasi:
Ø
Peserta didik mencari
informasi dari berbagai sumber belajar tentang konsep, teknik dan prosedur seni pertunjukan.
Ø
Peserta didik mengumpulkan
data tentang seni pertunjukan melalui media audio visual.
Ø
Peserta didik mendiskusikan
tentang jenis dan ciri-ciri seni pertunjukkan.
Ø
Peserta didik mendiskusikan
tentang struktur seni pertunjukkan.
Ø
Peserta didik mendiskusikan
tentang pesan moral dalam seni
pertunjukan.
Ø
Peserta didik mendiskusikan
tentang fungsi seni
pertunjukan .
Mengasosiasi
:
Ø
Peserta didik mengklasifikasikan
jenis dan fungsi seni pertunjukan.
Ø
Peserta didik menyimpulkan
hal-hal terpenting yang berhubungan dengan cara dan langkah-langkah dalam mementaskan
seni pertunjukan.
Mengkomunikasikan:
Ø Peserta
didik merancang, menata, dan mengelola
pementasan seni
pertunjukan.
Ø Peserta
didik mementaskan seni pertunjukkan.
Ø Peserta
didik menulis laporan kerja kelompok berupa kritikan terhadap pementasan kelompok lain
Ø Peserta
didik mengunggah rekaman pementasan seni pertunjukkan ke internet
|
Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami jenis, ciri-ciri, struktur, pesan moral, lan
fungsi seni pertunjukan.
Proyek:
ü Menilai
perencanaan, penataan, pengelolan, dan pementasan seni
pertunjukan.
Tes
Praktik:
ü Secara kelompok peserta didik diminta mementaskan seni pertunjukan .
ü Secara kelompok peserta didik diminta mengevaluasi pementaskan seni pertunjukan kelompok lain.
Portofolio :
ü Kumpulan hasil laporan peserta didik berupa perencanaan, penataan, pengelolan, dan
pementasan seni pertunjukan.
|
12 JP
|
o
Buku referensi tentang
konsep, teknik
dan prosedur seni pertunjukan drama
tradisional
|
4.4
Menyajikan
seni pertunjukan (musikalisasi puisi, dramatisasi karya sastra, si’ir, lawak,
musik dan lagu, dongeng)
|
4.4.1 Melakukan penataan pentas seni pertunjukkan.
4.4.2 Mengelola pementaskan seni pertunjukkan.
4.4.3 Mementaskan seni pertunjukan
tradisional
4.4.4 Menanggapi
pementasan seni pertunjukan tradisional
4.4.5 Mengunggah
pementasan seni pertunjukkan ke internet.
|
·
Teknik penataan seni
pertunjukkan.
·
Teknik mengelola seni
pertunjukkan.
·
Teknik pementasan seni
pertunjukkan
·
Teknik mengunggah seni
pertunjukkan
|
|
|
Komentar
Posting Komentar