SILABUS B.MADURA KLS XI



SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      :  SMA/MA/SMK/MAK
Kelas                           :  XI
Semester                     : Ganjil
Kompetensi Inti          :

 KI 1    :     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
 KI 2    :     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3    :     Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
 KI 4    :     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi  keilmuan

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
1.1  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah serta melestarikan, mengembangkan budaya daerah sebagai upaya pembinaan dan pengembangan  kebudayaan  Nasional.
1.1.1    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

1.1.2    Memberi salam pada saat dan akhir pelajaran

1.1.3    Berkomunikasi menggunakan bahasa daerah

Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:
ü Observasi peserta didik tentang kompetensi spiritual dan sosial yang berhubungan dengan pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam dan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan

Jurnal
ü Catatan guru tentang perilaku peserta didik dalam pembelajaran.

Penilaian Diri:
ü Penilaian peserta didik terhadap kegiatannya berekspresi dan mengerjakan tugas tepat waktu.

Penilaian Antar Peserta Didik:
ü Menilai penampilan temannya dalam membaca indah teks geguritan/puisi.


o   Buku ajar kelas XI
o   Majalah berbahasa daerah
2.1  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa daerah untk berekspresi.
2.1.1    Mengerjakan tugas tepat waktu
2.1.2    Memiliki kemauan untuk berekspresi diri




3.1  Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis teks drama, prosa atau puisi sesuai kaidah.
3.1.1    Menganalisis struktur  teks geguritan/puisi
3.1.2    Mengidentifikasi isi teks geguritan/puisi.
3.1.3    Mengidentifikasi pesan/amanat dalam teks geguritan/puisi.

·         Teks geguritan/puisi
·         Struktur teks geguritan/puisi
·         Pesan/ amanat dalam  teks geguritan/puisi
·         Isi teks geguritan/puisi.

Mengamati :
Ø Peserta didik mencermati isi teks geguritan/puisi yang dibaca oleh  model.
Ø Peserta didik mencermati struktur teks geguritan/puisi
Ø Peserta didik mencermati pesan dalam teks geguritan/puisi.

Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang struktur teks geguritan/puisi
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang isi teks geguritan/puisi teks geguritan/puisi
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang berbagai pesan/amanat  dalam teks geguritan/puisi.

Mengumpulkan Informasi :
Ø  Peserta didik mencari teks geguritan/puisi dari berbagai sumber
Ø  Peserta didik mendiskusikan  struktur teks geguritan/puisi yang didengar.
Ø  Peserta didik mendiskusikan isi teks geguritan/puisi yang didengar.
Ø  Peserta didik mendiskusikan  pesan/ amanat yang ada  dalam teks geguritan/puisi yang didengar.

Mengasosiasi :
Ø  Peserta didik membandingkan isi teks geguritan/puisi yang didengar dengan teks geguritan/puisi yang lain.
Ø  Peserta didik mengkritisi pembacaan teks geguritan/puisi  antar kelompok atau teman.

Mengomunikasikan :
Ø  Peserta didik menandai jeda dan intonasi teks geguritan/puisi yang akan dibaca.
Ø  Peserta didik membaca indah geguritan/puisi.
Ø  Peserta didik saling mengomentari  pembacaan teks geguritan/puisi temannya.

Penugasan:
ü Memparafrase  guritan/puisi untuk dijadikan gancaran/prosa

Tes Tulis:
ü Menilai kemampuan peserta didik tentang isi, pesan dan  struktur  guritan/puisi.

Portofolio : 
ü Kumpulan hasil karya peserta didik berupa geguritan/puisi yang diprosakan.

Tes Praktik :
ü Membaca indah geguritan/puisi.
·  Internet
·  Media massa
·  Buku-buku kumpulan geguritan/puisi

4.1  Menginterpretasi, menanggapi dan memperagakan teks drama, puisi, dan prosa sesuai isi   dengan bahasa yang komunikatif.






4.1.1    Memparafrase teks geguritan/puisi.
4.1.2    Memberi tanda jeda teks geguritan/puisi yang akan dibacakan.
4.1.3    Menandai  intonasi  teks geguritan/puisi yang akan dibacakan
4.1.4    Membaca indah teks geguritan/puisi.
4.1.5    Menanggapi pembacaan teks geguritan/puisi.
.
·      Teknik memparafrase
·      Teknik memberi jeda
·      Teknik menandai intonasi
·      Teknik membaca indah

2
1.4 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulisan untuk berbagai keperluan
1.4.1    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

1.4.2    Memberi salam pada saat dan akhir pelajaran

1.4.3    Berkomunikasi menggunakan bahasa daerah






Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:

ü   Observasi peserta didik tentang kompetensi spiritual dan sosial yang berhubungan dengan pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam dan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan

Penilaian Diri:
ü  Peserta didik menilai diri sendiri tentang keterlibatannya dengan kegiatan upacara adat dan budaya.

Penilaian Antar Peserta Didik:
ü Menilai teman dalam kegiatan mendemonstrasi-kan kegiatan upacara adat.

Jurnal:
ü  Catatan guru tentang perilaku peserta didik selama dalam pembelajaran.


8        JP

2.4 Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna.
2.4.1    Melibatkan diri dalam berbagai kegiatan upacara adat.
2.4.2    Melestarikan budaya daerah


3.2  Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis peristiwa budaya daerah  sesuai dengan karakteristiknya.

3.2.1    Menyebutkan macam-macam budaya daerah.
3.2.2    Menyebutkan contoh   budaya daerah yang berupa kegiatan  upacara adat setempat.
3.2.3    Mengidentifikasi karakteristik salah satu kegiatan upacara adat.
3.2.4    Menganalisis struktur  kegiatan upacara adat sesuai karakteristik.
3.2.5    Menjelaskan pesan moral dalam upacara adat.
·   Teks kegiatan  upacara adat
Misalnya: upacara tedhak siten, labuh sembonya, bersih desa,pitonan, nyadran, petik laut, ngundhuh mantu, dll.
· Karakteristik upacara adat
· Struktur kegiatan upacara adat.
· Pesan moral dalam upacara adat.

Mengamati:
Ø Peserta didik mencermati contoh tayangan  teks kegiatan upacara adat.
Ø Peserta didik mencermati  karakteristik contoh teks kegiatan upacara adat.
Ø Peserta didik mencatat/ menandai hal-hal penting yang terkait dengan peristiwa budaya (upacara adat).
Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang contoh-contoh upacara adat.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang karakteristik upacara adat.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang struktur upacara adat.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang pesan moral upacara adat.

Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang upacara adat  yang ada di daerah dari berbagai sumber.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang karakteristik upacara adat yang ada di daerah.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang struktur upacara adat.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang pesan moral dalam upacara adat.

Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis  karakteristik beberapa upacara adat.
Ø Peserta didik menyimpulkan hal-hal penting   dalam karakteristik upacara adat.
Ø Peserta didik berlatih menulis laporan kegiatan upacara adat.

Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menceritakan salah satu prosesi upacara adat.
Ø Peserta didik mengomentari pelaksanaan upacara adat.
Ø Peserta didik menulis laporan kerja kelompok tentang  upacara adat.
Ø Peserta didik mendemonstrasikan kegiatan upacara adat.
Ø Peserta didik mengunggah hasil laporan ke media jejaring sosial.

Tes tertulis :
ü  Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami karakteristik  upacara adat.

Penugasan:
ü Menyusun laporan tanggapan kegiatan upacara adat.
ü Menyusun laporan tentang kegiatan  upacara adat .

Tes Praktik:
ü Mendemonstrasikan kegiatan upacara adat secara berkelompok.

Portofolio : 
ü Kumpulan pekerjaan peserta didik tentang laporan kegiatan upacara adat.



·   
4.2  Menanggapi  peristiwa budaya daerah sesuai dengan karakteristiknya.
.
4.2.1    Memberi tanggapan tentang peristiwa budaya.
4.2.2    Menceritakan kembali  kegiatan upacara adat.
4.2.3    Mengomentari kegiatan upacara adat.
4.2.4    Menulis laporan tentang kegiatan upacara adat.
4.2.5    Mendemonstrasikan salah satu kegiatan upacara adat.
4.2.6    Mengunggah laporan kegiatan upacara adat ke internet.

·      Teknik memberi tanggapan suatu peristiwa.
·      Teknik bercerita
·      Teknik mengomentari
·      Teknik menulis laporan
·      Teknik memperagakan/ mendemonstrasikan upacara adat

·  Internet
·  Media massa
·  Buku-buku berkaitan dengan budaya adat
·  Buku-buku berkaitan dengan Upacara adat
·  Narasumber

3
1.1        Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakan sesuai isi  dalam konteks kebhinekaan.





1.1.1    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

1.1.2    Memberi salam pada saat dan akhir pelajaran

1.1.3    Berkomonikasi menggunakan bahasa daerah
·         Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:

ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam dan berkomonikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan

Penilaian Diri:
ü   Peserta didik menilai diri sendiri tentang kemampuannya berkomunikasi menggunakan bahasa daerah secara santun.

Jurnal:
ü  Catatan guru tentang peristiwa penting yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Penilaian Antar Peserta Didik:
ü Menilai teman ketika berpidato.
ü Menilai teman ketika menjadi pewara.

12 JP

2.6 Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa daerah     untuk menyampaikan penjelasan.
2.6.1  Menggunakan bahasa daerah dalam berkomonikasi secara santun
2.6.2  Mau membetulkan kesalahan teman dalam berbahasa secara santun.


3.3     Mengidentifikasi, memahami, menganalisis teks pewara atau pidato sesuai kaidah.
.

3.3.1    Mengidentifikasi struktur teks pewara.
3.3.2    Menganalisis struktur teks pewara
3.3.3    Mengidentifikasi  struktur teks pidato.
3.3.4    Menganalisis struktur teks pidato.
3.3.5    Menganalisis perbedaan unsur kebahasaan dalam teks pewara dan teks pidato.
3.3.6    Menjelaskan kriteria  menjadi pewara yang baik.
3.3.7    Menjelaskan kriteria menjadi orator yang baik.

·         Teks  pewara (pranata adicara/  pangajhumma partѐngkan)
·         Struktur teks pewara.
·         Teks pidato.
·         Struktur teks pidato.
·         Kriteria menjadi pewara (pangajhumma partѐngkan) dan orator yang baik.
·         Tugas pewara (pangajhumma partѐngkan) dan orator

Mengamati :

Ø Peserta didik menyimak pemodelan tentang pewara .
Ø Peserta didik menyimak contoh teks pidato.
Ø Peserta didik mencermati perbedaan  struktur  teks pewara dan teks pidato.

Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang struktur teks pewara.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang struktur teks pidato.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang  unsur kebahasaan teks pewara dan teks pidato.
Ø Peserta didik bertanya jawab  ia menjadi pewara atau orator yang baik.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang teknik menjadi pewara.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang teknik menjadi orator.

Mengumpulkan Informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang struktur teks pewara dan teks pidato dari berbagai sumber.
Ø Peserta didik berdiskusi  tentang struktur teks pewara.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang struktur teks pidato.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang  unsur kebahasaan teks pewara dan teks pidato.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang kriteria menjadi pewara atau orator yang baik.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang teknik menjadi pewara.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang teknik menjadi orator.

Mengasosiasi :
Ø Peserta didik membandingkan struktur teks pewara dengan teks pidato.
Ø Peserta didik membandingkan ciri kebahasaan teks pewara dengan teks pidato.
Ø Peserta didik menyimpulkan kriteria menjadi pewara atau orator yang baik.

Mengomunikasikan :
Ø  Peserta didik membuat kerangka teks pewara suatu  kegiatan
Ø  Peserta didik membuat kerangka pidato.
Ø  Peserta didik menulis teks pewara
Ø  Peserta didik menulis teks pidato.
Ø  Peserta didik mempraktikkan diri  menjadi pewara.
Ø  Peserta didik mempraktikkan  menjadi orator dengan ragam bahasa sesuai tatakrama.
Ø  Peserta didik lainnya mengomentari penampilan temannya.
Tes Tulis :
ü  Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami struktur  teks pewara.
ü  Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami struktur  teks pidato.

Penugasan:
ü Menyusun kerangka teks pewara suatu kegiatan.
ü Menyusun teks pewara suatu kegiatan.
ü Menyusun kerangka teks pidato suatu kegiatan.
ü Menyusun teks pidato suatu kegiatan.

Portofolio :
ü Kumpulan pekerjaan peserta didik berupa naskah pewara.
ü Kumpulan pekerjaan peserta didik berupa naskah pidato.


Tes Praktik:
ü Menjadi  pewara dalam suatu kegiatan.
ü Menjadi  orator atau berpidato dalam suatu kegiatan.

·  Internet
·  Media massa
·  Buku-buku berkaitan pembawa acara
·  VCD/rekaman kegiatan

4.3  Menyajikan kegiatan sebagai pewara atau berpidato  dengan menggunakan tata krama sesuai dengan konteks budaya.




4.3.1   Membuat kerangka teks pewara suatu  kegiatan
4.3.2   Membuat kerangka teks pidato.
4.3.3   Menulis teks pewara
4.3.4   Menulis teks pidato.
4.3.5   Praktik  menjadi pewara.
4.3.6   Praktik menjadi orator.
·        Kerangka teks pewara
·       Kerangka teks pidato
·       Teknik menulis teks pewara.
·       Teknik menulis teks pidato
·       Teknik pewara
·       Teknik pidato






SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      :  SMA/MA/SMK/MAK
Kelas                           :  XI
Semester                     : Genap
Kompetensi Inti          :

 KI 1    :     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
 KI 2    :     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3    :     Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
 KI 4    :     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi  keilmuan

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
4
1.1        Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakan sesuai isi  dalam konteks kebhinekaan
1.1.1   Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.1.2   Memberi salam pada saat dan akhir pelajaran
1.1.3   Berkomunikasi menggunakan bahasa daerah yang santun
Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:

ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam dan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan

Jurnal :
ü Catatan guru tentang perilaku peserta didik selama pembelajaran.

Penilaian Antar Peserta Didik:
ü Menilai teman ketika bermain peran.


12 JP

2.2        Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa daerah     untuk memahami dan menyampaikan permasalahan
2.2.1   Menyelesaikan tugas tepat waktu.
2.2.2   Membetulkan kesalahan berbahasa yang dilakukan teman dengan santun


3.1 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis teks drama, prosa atau puisi sesuai kaidah .


3.1.1Mengidentifikasi  struktur teks drama.
3.1.2 Menganalisis struktur teks drama
3.1.3     Menganalisis unsur kebahasaan  teks drama
3.1.4     Menganalisis pesan moral teks drama.
3.1.5     Menganalisis relevansi isi teks drama dengan kehidupan.
3.1.6     Menjelaskan teknik penulisan teks drama.

·         Teks drama

·         Struktur teks drama

·         Unsur kebahasaan teks drama

·         Pesan moral

·         Relevansi isi teks drama dengan kehidupan

·         Teknik menulis teks drama

Mengamati :
Ø  Peserta didik mencermati  tayangan teks drama.
Ø  Peserta didik membaca teks drama.
Ø  Peserta didik mencermati struktur teks drama
Ø  Peserta didik mencermati unsur kebahasaan dalam teks drama.

Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang struktur teks drama.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang unsur kebahasaan teks drama.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang pesan moral   teks drama.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang relevansi isi teks drama dengan kehidupan
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang teknik penulisan teks drama.

Mengumpulkan informasi:
Ø Peserta didik membaca teks drama dan konsepnya dari berbagai sumber.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang struktur teks drama.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang unsur kebahasaan teks drama.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang pesan moral   teks drama.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang relevansi isi teks drama dengan kehidupan
Ø Peserta didik berdiskusi tentang teknik penulisan teks drama.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang teknik penulisan teks drama dari teks prosa atau alih wahana.

Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis teks drama yang akan dipentaskan.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang perencanaan pementasan  drama.

Mengomunikasikan:

Ø  Peserta didik mengalihwacana-kan (mengubah) teks prosa menjadi teks drama sesuai kaidah.
Ø  Peserta didik mendeskripsikan struktur teks drama dalam rencana pementasan.
Ø  Peserta didik mementaskan teks drama secara berkelompok.
Ø  Peserta didik memberikan komentar penampilan  teman dalam bermain drama.

Tes Tulis:
ü Menilai kemampuan peserta didik tentang kemampuannya mengapresiasi teks drama.

Penugasan:
ü  Mengalihwacanakan (Mengubah) teks prosa menjadi teks drama.
ü  Menyusun rencana pementasan drama

Portofolio:
ü  Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik tentang alih wacara teks prosa menjadi teks drama.
ü  Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik tentang rencana pementasan drama


Tes Praktik:

ü  Peserta didik mementaskan teks drama yang sudah direncanakan.

·   
4.1        Menginterpretasi, menanggapi dan memperagakan teks drama, puisi, dan prosa sesuai isi   dengan bahasa yang komunikatif.

4.4.1   Mengalihwacana-kan (mengubah) teks prosa menjadi teks drama sesuai kaidah.
4.4.2    Mendeskripsikan struktur teks drama dalam rencana pementasan.
4.4.2   Mementaskan teks drama secara berkelompok.
4.4.3   Memberikan komentar penampilan  teman dalam bermain drama.
·         Teknik alih wacana

·         Deskripsi rencana pementasan drama

·         Teknik bermain drama

·         Teknik memberi komentar.


·  Internet
·  Media massa
·  Naskah drama
·  VCD drama
·  Buku-buku tentang bermain drama

5
1.1        Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakan sesuai isi  dalam konteks kebhinekaan
1.1.1   Berdoa dengan bahasa daerah.
1.1.2   Menyapa dengan bahasa daerah
1.1.3   Berkomonikasi menggunakan bahasa daerah





·         Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:

ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam dan berkomonikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan.

Jurnal :
ü   Catatan guru tentang perilaku peserta didik selama pembelajaran.

Penilaian Diri:
ü   Peserta didik menilai diri sendiri tentang penggunaannya bahasa daerah.

Penilaian Antar Peserta Didik:
ü  Menilai teman ketika melagukan tembang macapat/mamaca

3          JP

2.2 Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa daerah     untuk menyampaikan penjelasan.
2.2.1 Mengungkapkan pendapat apa adanya
2.2.2.Menyapa dengan santun
3.1.7     Menyelesaikan tugas tepat waktu


3.4        Mengidentifikasi, memahami, menganalisis  nilai-nilai moral yang terkandung dalam tembang macapat

3.4.1   Menganalisis struktur tembang macapat/mamaca
3.4.2   Menganalisis unsur kebahasaan dalam macapat/ mamaca.
3.4.3   Menjelaskan   kata-kata sulit dalam teks tembang macapat/ mamaca.
3.4.4   Menjelaskan  pesan moral teks tembang macapat/ mamaca.

·      Teks tembang macapat/mamaca
·        Struktur  tembang macapat/mamaca:
-       Guru lagu/ guru laghu.
-       Guru wilangan /guru bilangan.
-       Guru gatra/ paddhâ andhegghân
-       Watak tembang
-       Sasmita tembang
·        Watak tembang macapat/mamaca
·      Unsur kebahasaan.
·      Kata-kata sulit
·      Pesan moral
Mengamati :
Ø  Peserta didik mencermati  contoh  teks tembang macapat/mamaca dari model
Ø  Peserta didik mencatat kata-kata sulit  dalam  teks tembang macapat/mamaca .
Ø  Peserta didik mencermati struktur teks  tembang macapat/mamaca.

Menanya :
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang  struktur teks tembang macapat/mamaca .
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang   unsur kebahasaan teks tembang macapat/mamaca.
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang   unsur kebahasaan teks tembang macapat/mamaca.
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang   arti kata-kata sulit teks tembang macapat/mamaca.
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang   pesan moral teks tembang macapat/mamaca.

Mengumpulkan Informasi :
Ø  Peserta didik mencari teks tembang macapat/mamaca  dari berbagai sumber.
Ø  Peserta didik berdiskusi  tentang   unsur kebahasaan teks tembang macapat/mamaca.
Ø  Peserta didik berdiskusi tentang   unsur kebahasaan teks tembang macapat/mamaca.
Ø  Peserta didik berdiskusi tentang   arti kata-kata sulit teks tembang macapat/mamaca.
Ø  Peserta didik berdiskusi tentang   pesan moral teks tembang macapat/mamaca.


Mengasosiasi :
Ø   Peserta didik menganalisis  isi   teks tembang macapat/ mamaca .
Ø  Peserta didik berlatih membaca titilaras tembang macapat/ mamaca.
Ø  Peserta didik berlatih melagukan tembang macapat/ mamaca sesuai dengan  titilaras.

Mengomunikasikan :
Ø Peserta didik menceritakan isi tembang macapat/ mamaca.
Ø Peserta didik mengarang tembang macapat berdasarkan kaidah.
Ø Peserta didik membaca  titi laras tembang macapat/ mamaca
Ø Peserta didik melagukan  tembang macapat mamaca sesuai titi laras
Ø Peserta didik memberikan penilaian terhadap penampilan temannya.

Penugasan:
ü  Mengarang tembang macapat berdasarkan kaidah.

Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik tentang struktur,  unsur kebahasaan, isi,  dan pesan moral dalam tembang macapat/mamaca

Tes Praktik:
ü  Menceritakan isi tembang macapat/ mamaca.
ü  Membaca  titi laras tembang macapat/ mamaca
ü  Melagukan  tembang macapat mamaca sesuai titi laras

Portofolio : 
Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik tentang:
ü  Menganalisis tembang macapat/ mamaca.
ü  Mengarang tembang macapat/ mamaca. 


Tuntunan  Nyekaraken. Hardja Wiraga.

Ngrengrengan Kasusastran Jawi.  Padma Sukatja
Serat Tri Pama KGPA Mangku Nagara IV
4.4        Menginterpretasi nilai-nilai moral yang terkandung dalam tembang macapat.



4.4.1   Menceritakan isi tembang macapat/ mamaca.
4.4.2   Mengarang tembang macapat berdasarkan kaidah.
4.4.3   Membaca  titi laras tembang macapat/ mamaca
4.4.4   Melagukan  tembang macapat mamaca sesuai titi laras.


·         Teknik menceritakan isi teks.
·         Teknik menulis tembang macapat/mamaca

·         Teknik membaca titilaras.
·         Teknik melagukan tembang macapat/ mamaca.

6
1.2        Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakan sesuai isi  dalam konteks kebhinekaan
1.2.1   Berdoa dengan bahasa daerah.
1.2.2   Menyapa dengan bahasa daerah
1.2.3   Berkomonikasi menggunakan bahasa daerah

·         Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:

ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam dan berkomonikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan

Jurnal :
ü Catatan guru tentang perilaku peserta didik selama pembelajaran.

Penilaian Diri:
ü Peserta didik menilai diri sendiri tentang penggunaannya bahasa daerah.

4 JP

2.4  Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa daerah     untuk menyampaikan penjelasan.
2.4.1   Mengungkapkan pendapat apa adanya
2.4.2   Menyapa dengan santun.
2.4.3   Menyelesaikan tugas tepat waktu
·         Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4



3.5      Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis teks aksara Jawa/carakan Madhurâ sesuai kaidah
3.5.1    Mengidentifikasi  teks aksara Jawa/carakan Madhurâ yang memuat angka Jawa.
3.5.2    Menjelaskan tata cara menulis angka Jawa.
3.5.3    Menjelaskan  makna sengkalan dalam teks aksara Jawa/carakan Madhurâ

ØTeks aksara Jawa /carakan Madhurâ yang memuat angka Jawa.
ØTeknik menulis angka Jawa
ØTeknik membaca Sengkalan
·         Makna sengkalan dalam kalimat.

Mengamati :
Ø   Peserta didik mencermati  teks aksara Jawa/carakan Madura yang memuat angka Jawa.
Ø   Peserta didik mencermati  teks aksara Jawa/carakan Madhurâ yang memuat sengkalan.
Ø   Peserta didik mencatat/ menandai kalimat yang memuat angka Jawa atau sengkalan.

Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang karakteristik penulisan angka Jawa.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang teknik penulisan angka Jawa.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang karakteristik sengkalan.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang teknik menulis atau membaca  sengkalan.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang makna  sengkalan dalam teks.

Mengumpulkan Informasi :
Ø Peserta didik mencari teks aksara  Jawa/carakan Madhurâ yang memuat angka Jawa atau sengkalan dari berbagai sumber.
Ø Peserta didik berdiskusi  tentang karakteristik penulisan angka Jawa.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang teknik penulisan angka Jawa.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang karakteristik sengkalan.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang teknik menulis atau membaca  sengkalan.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang makna  sengkalan dalam teks.

Mengasosiasi :
Ø Peserta didik berlatih menulis kalimat dengan angka Jawa.
Ø Peserta didik menginterpretasi  sengkalan yang ada dalam teks  aksara Jawa/carakan Madhurâ menjadi angka tahun.
Ø Menyimpulkan  makna sengkalan dalam teks  aksara Jawa/carakan Madhurâ

Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menulis kalimat menggunakan angka Jawa.
Ø Peserta didik menulis kalimat yang mengandung sengkalan menggunakan aksara  Jawa/carakan Madhurâ.
Ø Peserta didik menyalin teks huruf Latin ke dalam aksara  Jawa/carakan Madhurâ
Ø Peserta didik membaca cepat teks aksara Jawa/carakan Madhurâ minimal 15 kata per menit
Ø Peserta didik menceritakan  isi atau pesan teks Jawa/carakan Madhurâ

Penugasan:
ü  Menulis kalimat menggunakan angka Jawa.
ü  Menulis kalimat yang memuat sengkalan.
ü  Menyalin teks aksara Jawa/carakan Madhurâ menjadi aksara Latin.
ü  Menyalin teks aksara Latin menjadi aksara Jawa/carakan Madhurâ.

Portofolio:
ü   Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik berupa tulisan teks berhuruf  Latin salinan dari wacana Jawa/carakan Madhurâ

Tes Tulis :
ü  Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami isi teks aksara Jawa/carakan Madhurâ.
ü  Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami penulisan angka Jawa dan sengkalan.

Tes Praktik:
ü  Membaca cepat teks aksara Jawa/carakan Madhurâ


·   
4.5      Membaca cepat teks wacana sastra atau nonsastra  beraksara Jawa/carakan Madhurâ


4.5.1        Menulis kalimat menggunakan angka Jawa.
4.5.2        Menulis kalimat yang mengandung sengkalan menggunakan aksara  Jawa/carakan Madhurâ.
4.5.3        Menyalin teks huruf Latin ke dalam aksara  Jawa/carakan Madhurâ
4.5.4        Membaca cepat teks aksara Jawa/carakan Madhurâ minimal 15 kata per menit
4.5.5        Menceritakan  isi atau pesan teks Jawa/carakan Madhurâ
.

·      Teknik menulis kalimat dengan angka Jawa.

·      Teknik menulis kalimat yang memuat sengkalan.

· Teknik menyalin (transliterasi)

·      Teknik membaca cepat.



·  Internet
·  Media massa
·  Wewaton panulise aksara Jawa



Komentar

Posting Komentar