SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan
: SMA/MA/SMK/MAK
Kelas : XI
Semester : Ganjil
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
||||||
1.1 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa
daerah serta melestarikan, mengembangkan budaya daerah sebagai upaya pembinaan dan
pengembangan kebudayaan Nasional.
|
1.1.1 Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan kegiatan
1.1.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
1.1.3
Berkomunikasi menggunakan
bahasa daerah
|
Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
ü Observasi
peserta didik tentang kompetensi spiritual dan sosial yang berhubungan dengan
pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi
salam dan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah dalam
format pengamatan
Jurnal
ü Catatan guru tentang perilaku peserta didik dalam pembelajaran.
Penilaian Diri:
ü Penilaian peserta didik terhadap kegiatannya berekspresi
dan mengerjakan tugas tepat waktu.
Penilaian Antar Peserta
Didik:
ü Menilai penampilan temannya dalam membaca indah teks geguritan/puisi.
|
|
o
Buku ajar kelas XI
o
Majalah berbahasa daerah
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa
daerah untk berekspresi.
|
2.1.1
Mengerjakan tugas tepat waktu
2.1.2
Memiliki kemauan untuk
berekspresi diri
|
|
|
|
||
3.1 Mengidentifikasi,
memahami, dan menganalisis teks drama, prosa atau puisi sesuai kaidah.
|
3.1.1 Menganalisis
struktur teks geguritan/puisi
3.1.2 Mengidentifikasi isi teks geguritan/puisi.
3.1.3 Mengidentifikasi pesan/amanat dalam teks geguritan/puisi.
|
·
Teks geguritan/puisi
·
Struktur teks geguritan/puisi
·
Pesan/ amanat dalam teks geguritan/puisi
·
Isi teks geguritan/puisi.
|
Mengamati :
Ø Peserta didik mencermati
isi teks geguritan/puisi yang
dibaca oleh model.
Ø Peserta didik mencermati
struktur teks geguritan/puisi
Ø Peserta didik mencermati
pesan dalam teks geguritan/puisi.
Menanya :
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang struktur teks geguritan/puisi
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang isi teks geguritan/puisi
teks geguritan/puisi
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang berbagai pesan/amanat
dalam teks geguritan/puisi.
Mengumpulkan Informasi :
Ø Peserta didik mencari teks geguritan/puisi dari berbagai sumber
Ø Peserta didik mendiskusikan struktur
teks geguritan/puisi yang didengar.
Ø Peserta didik mendiskusikan
isi teks geguritan/puisi yang
didengar.
Ø Peserta didik mendiskusikan pesan/
amanat yang ada dalam teks geguritan/puisi yang didengar.
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik membandingkan
isi teks geguritan/puisi yang
didengar dengan teks geguritan/puisi
yang lain.
Ø Peserta didik mengkritisi pembacaan teks geguritan/puisi antar kelompok atau
teman.
Mengomunikasikan :
Ø Peserta didik menandai jeda
dan intonasi teks geguritan/puisi yang
akan dibaca.
Ø Peserta didik membaca indah geguritan/puisi.
Ø Peserta didik saling
mengomentari pembacaan teks geguritan/puisi temannya.
|
Penugasan:
ü Memparafrase guritan/puisi untuk dijadikan gancaran/prosa
Tes
Tulis:
ü Menilai kemampuan peserta didik
tentang isi, pesan dan struktur guritan/puisi.
Portofolio :
ü Kumpulan hasil karya peserta didik berupa geguritan/puisi yang diprosakan.
Tes Praktik :
ü Membaca indah geguritan/puisi.
|
·
Internet
·
Media massa
·
Buku-buku kumpulan
geguritan/puisi
|
|
4.1 Menginterpretasi,
menanggapi dan memperagakan teks drama, puisi, dan prosa sesuai isi dengan bahasa yang komunikatif.
|
4.1.1 Memparafrase teks geguritan/puisi.
4.1.2 Memberi
tanda jeda teks geguritan/puisi
yang akan dibacakan.
4.1.3 Menandai intonasi
teks geguritan/puisi yang akan dibacakan
4.1.4 Membaca indah teks geguritan/puisi.
4.1.5 Menanggapi
pembacaan teks geguritan/puisi.
.
|
· Teknik
memparafrase
· Teknik
memberi jeda
· Teknik
menandai intonasi
· Teknik
membaca indah
|
||||
2
|
||||||
1.4
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi
lisan dan tulisan untuk berbagai keperluan
|
1.4.1 Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.4.2
Memberi salam pada saat dan akhir pelajaran
1.4.3
Berkomunikasi menggunakan
bahasa daerah
|
Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
ü
Observasi peserta didik tentang kompetensi
spiritual dan sosial yang berhubungan dengan pembiasaan berdoa pada saat
mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam
dan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan
Penilaian Diri:
ü Peserta
didik menilai diri sendiri tentang keterlibatannya dengan kegiatan upacara
adat dan budaya.
Penilaian Antar Peserta Didik:
ü Menilai
teman dalam kegiatan mendemonstrasi-kan kegiatan upacara
adat.
Jurnal:
ü Catatan
guru tentang perilaku peserta didik selama dalam pembelajaran.
|
8
JP
|
|
|
2.4
Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya
budaya yang penuh makna.
|
2.4.1
Melibatkan diri dalam berbagai
kegiatan upacara adat.
2.4.2
Melestarikan budaya daerah
|
|
|
|||
3.2 Mengidentifikasi,
memahami, dan menganalisis peristiwa budaya daerah sesuai dengan karakteristiknya.
|
3.2.1 Menyebutkan macam-macam budaya daerah.
3.2.2 Menyebutkan contoh budaya daerah yang berupa kegiatan upacara adat setempat.
3.2.3 Mengidentifikasi karakteristik salah satu kegiatan upacara
adat.
3.2.4 Menganalisis struktur
kegiatan
upacara adat sesuai karakteristik.
3.2.5 Menjelaskan pesan moral dalam upacara adat.
|
·
Teks kegiatan upacara adat
Misalnya: upacara
tedhak siten, labuh sembonya, bersih desa,pitonan,
nyadran, petik laut, ngundhuh mantu, dll.
· Karakteristik upacara adat
· Struktur
kegiatan upacara adat.
· Pesan
moral dalam upacara adat.
|
Mengamati:
Ø Peserta
didik mencermati contoh
tayangan teks kegiatan upacara
adat.
Ø Peserta
didik mencermati karakteristik contoh teks kegiatan upacara
adat.
Ø Peserta
didik mencatat/ menandai hal-hal penting yang terkait dengan peristiwa budaya
(upacara adat).
Menanya :
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang contoh-contoh upacara adat.
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang karakteristik upacara adat.
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang struktur upacara adat.
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang pesan moral upacara adat.
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari
informasi tentang upacara adat yang ada di daerah
dari berbagai sumber.
Ø Peserta didik berdiskusi
tentang karakteristik upacara adat yang ada di daerah.
Ø Peserta didik berdiskusi
tentang struktur upacara adat.
Ø Peserta didik berdiskusi
tentang pesan moral dalam upacara adat.
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis karakteristik
beberapa upacara adat.
Ø Peserta didik menyimpulkan
hal-hal penting dalam karakteristik upacara
adat.
Ø Peserta didik berlatih
menulis laporan kegiatan upacara adat.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menceritakan
salah satu prosesi upacara adat.
Ø Peserta didik mengomentari
pelaksanaan upacara adat.
Ø Peserta didik menulis
laporan kerja kelompok tentang upacara
adat.
Ø Peserta didik
mendemonstrasikan kegiatan upacara adat.
Ø Peserta didik mengunggah hasil laporan ke media
jejaring sosial.
|
Tes tertulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami
karakteristik upacara adat.
Penugasan:
ü Menyusun laporan tanggapan
kegiatan upacara adat.
ü Menyusun laporan tentang
kegiatan upacara adat .
Tes Praktik:
ü Mendemonstrasikan kegiatan upacara adat secara berkelompok.
Portofolio :
ü Kumpulan pekerjaan peserta didik tentang laporan kegiatan
upacara adat.
|
|
·
|
4.2 Menanggapi peristiwa budaya daerah sesuai dengan
karakteristiknya.
.
|
4.2.1 Memberi tanggapan tentang peristiwa budaya.
4.2.2 Menceritakan
kembali kegiatan upacara adat.
4.2.3 Mengomentari kegiatan
upacara adat.
4.2.4 Menulis
laporan tentang kegiatan upacara adat.
4.2.5 Mendemonstrasikan salah satu kegiatan upacara adat.
4.2.6 Mengunggah laporan kegiatan upacara adat ke internet.
|
·
Teknik memberi tanggapan suatu
peristiwa.
·
Teknik bercerita
·
Teknik mengomentari
·
Teknik menulis laporan
·
Teknik memperagakan/
mendemonstrasikan upacara adat
|
|
·
Internet
·
Media massa
·
Buku-buku berkaitan dengan
budaya adat
·
Buku-buku berkaitan dengan
Upacara adat
·
Narasumber
|
||
3
|
||||||
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan
menggunakan sesuai isi dalam konteks
kebhinekaan.
|
1.1.1 Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.1.2
Memberi salam pada saat dan akhir pelajaran
1.1.3
Berkomonikasi menggunakan bahasa
daerah
|
·
Terintegrasi dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
ü
Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa
pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam
dan berkomonikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan
Penilaian
Diri:
ü Peserta didik menilai diri
sendiri tentang kemampuannya berkomunikasi menggunakan bahasa daerah secara
santun.
Jurnal:
ü Catatan guru tentang peristiwa penting yang dilakukan
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
Penilaian Antar Peserta
Didik:
ü
Menilai teman ketika berpidato.
ü
Menilai teman ketika menjadi pewara.
|
12 JP
|
|
|
2.6
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan bahasa daerah untuk
menyampaikan penjelasan.
|
2.6.1 Menggunakan bahasa daerah dalam
berkomonikasi secara santun
2.6.2 Mau membetulkan kesalahan teman dalam
berbahasa secara santun.
|
|
|
|||
3.3 Mengidentifikasi,
memahami, menganalisis teks pewara atau pidato sesuai kaidah.
.
|
3.3.1
Mengidentifikasi struktur teks pewara.
3.3.2
Menganalisis
struktur teks pewara
3.3.3
Mengidentifikasi
struktur teks pidato.
3.3.4
Menganalisis struktur teks pidato.
3.3.5
Menganalisis
perbedaan unsur kebahasaan dalam teks pewara dan teks pidato.
3.3.6
Menjelaskan kriteria
menjadi pewara yang baik.
3.3.7
Menjelaskan
kriteria menjadi orator yang baik.
|
·
Teks pewara (pranata
adicara/ pangajhumma partѐngkan)
·
Struktur teks pewara.
·
Teks pidato.
·
Struktur teks pidato.
·
Kriteria menjadi pewara (pangajhumma partѐngkan) dan orator yang baik.
·
Tugas pewara (pangajhumma partѐngkan) dan orator
|
Mengamati :
Ø
Peserta didik menyimak pemodelan
tentang pewara .
Ø
Peserta didik menyimak contoh teks pidato.
Ø
Peserta didik mencermati perbedaan struktur teks pewara dan
teks pidato.
Menanya :
Ø
Peserta didik bertanya jawab tentang struktur teks pewara.
Ø
Peserta didik bertanya jawab tentang struktur teks pidato.
Ø
Peserta didik bertanya jawab tentang unsur kebahasaan teks pewara dan teks
pidato.
Ø
Peserta didik bertanya jawab ia menjadi pewara atau orator yang baik.
Ø
Peserta didik bertanya jawab tentang teknik menjadi pewara.
Ø
Peserta didik bertanya jawab tentang teknik menjadi orator.
Mengumpulkan Informasi :
Ø Peserta didik mencari
informasi tentang
struktur teks pewara dan teks pidato dari berbagai
sumber.
Ø Peserta didik
berdiskusi tentang struktur teks pewara.
Ø Peserta didik berdiskusi
tentang struktur teks pidato.
Ø Peserta didik berdiskusi
tentang unsur kebahasaan teks pewara
dan teks pidato.
Ø Peserta didik berdiskusi
tentang kriteria menjadi pewara atau orator yang baik.
Ø Peserta didik berdiskusi
tentang teknik menjadi pewara.
Ø Peserta didik berdiskusi
tentang teknik menjadi orator.
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik membandingkan
struktur teks pewara dengan teks pidato.
Ø Peserta didik membandingkan ciri kebahasaan teks pewara dengan teks pidato.
Ø Peserta didik menyimpulkan
kriteria menjadi pewara atau orator yang baik.
Mengomunikasikan :
Ø Peserta didik membuat kerangka teks pewara suatu kegiatan
Ø Peserta didik membuat kerangka pidato.
Ø Peserta didik menulis teks pewara
Ø Peserta didik menulis teks pidato.
Ø Peserta didik mempraktikkan diri menjadi pewara.
Ø Peserta didik mempraktikkan
menjadi orator dengan ragam bahasa sesuai
tatakrama.
Ø Peserta didik lainnya
mengomentari penampilan temannya.
|
Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami
struktur teks pewara.
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami
struktur teks pidato.
Penugasan:
ü Menyusun kerangka teks
pewara suatu kegiatan.
ü Menyusun teks pewara suatu
kegiatan.
ü Menyusun kerangka teks
pidato suatu kegiatan.
ü Menyusun teks pidato suatu
kegiatan.
Portofolio :
ü Kumpulan pekerjaan peserta
didik berupa naskah pewara.
ü Kumpulan pekerjaan peserta
didik berupa naskah pidato.
Tes Praktik:
ü Menjadi pewara dalam suatu kegiatan.
ü Menjadi orator
atau berpidato dalam suatu kegiatan.
|
|
·
Internet
·
Media massa
·
Buku-buku berkaitan
pembawa acara
·
VCD/rekaman kegiatan
|
4.3 Menyajikan
kegiatan sebagai pewara atau berpidato
dengan menggunakan tata krama sesuai dengan konteks budaya.
|
4.3.1
Membuat kerangka teks pewara suatu kegiatan
4.3.2
Membuat
kerangka teks pidato.
4.3.3
Menulis teks
pewara
4.3.4
Menulis teks
pidato.
4.3.5
Praktik menjadi pewara.
4.3.6
Praktik
menjadi orator.
|
·
Kerangka teks pewara
·
Kerangka teks pidato
·
Teknik menulis teks pewara.
·
Teknik menulis teks pidato
·
Teknik pewara
·
Teknik pidato
|
|
SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan
: SMA/MA/SMK/MAK
Kelas : XI
Semester : Genap
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
4
|
||||||
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan
menggunakan sesuai isi dalam konteks
kebhinekaan
|
1.1.1 Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.1.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
1.1.3 Berkomunikasi
menggunakan bahasa daerah yang santun
|
Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
ü
Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa
pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam
dan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan
Jurnal :
ü
Catatan guru
tentang perilaku peserta didik selama pembelajaran.
Penilaian
Antar Peserta Didik:
ü
Menilai teman ketika bermain peran.
|
12 JP
|
|
|
2.2
Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa daerah untuk
memahami dan menyampaikan permasalahan
|
2.2.1
Menyelesaikan tugas tepat waktu.
2.2.2 Membetulkan
kesalahan berbahasa yang dilakukan teman dengan santun
|
|
|
|||
3.1 Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis teks drama, prosa atau puisi sesuai kaidah .
|
3.1.1Mengidentifikasi struktur teks drama.
3.1.2 Menganalisis
struktur teks drama
3.1.3
Menganalisis unsur kebahasaan teks
drama
3.1.4
Menganalisis pesan moral teks drama.
3.1.5
Menganalisis relevansi isi teks
drama dengan kehidupan.
3.1.6
Menjelaskan teknik penulisan
teks drama.
|
·
Teks drama
·
Struktur teks drama
·
Unsur kebahasaan teks drama
·
Pesan moral
·
Relevansi isi teks drama dengan
kehidupan
·
Teknik menulis teks drama
|
Mengamati
:
Ø Peserta
didik mencermati tayangan teks drama.
Ø Peserta
didik membaca teks drama.
Ø Peserta
didik mencermati struktur teks drama
Ø Peserta
didik mencermati unsur kebahasaan dalam teks drama.
Menanya :
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur teks
drama.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang unsur kebahasaan teks drama.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang pesan moral
teks drama.
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang relevansi isi teks drama dengan kehidupan
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang teknik penulisan teks drama.
Mengumpulkan
informasi:
Ø Peserta
didik membaca teks drama dan konsepnya dari berbagai sumber.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang struktur teks drama.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang unsur kebahasaan teks drama.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang pesan moral teks drama.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang relevansi isi teks drama dengan kehidupan
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang teknik penulisan teks drama.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang teknik penulisan teks drama dari teks prosa atau
alih wahana.
Mengasosiasi
:
Ø Peserta
didik menganalisis teks drama yang akan dipentaskan.
Ø Peserta
didik berdiskusi tentang perencanaan pementasan drama.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta
didik mengalihwacana-kan (mengubah) teks prosa menjadi teks drama sesuai
kaidah.
Ø Peserta
didik mendeskripsikan struktur teks drama dalam
rencana pementasan.
Ø Peserta
didik mementaskan teks drama secara berkelompok.
Ø Peserta
didik memberikan komentar penampilan
teman dalam bermain drama.
|
Tes
Tulis:
ü
Menilai kemampuan peserta didik tentang kemampuannya mengapresiasi
teks drama.
Penugasan:
ü
Mengalihwacanakan (Mengubah)
teks prosa menjadi teks drama.
ü
Menyusun rencana pementasan drama
Portofolio:
ü
Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik tentang alih wacara teks prosa
menjadi teks drama.
ü
Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik tentang rencana pementasan
drama
Tes
Praktik:
ü
Peserta didik mementaskan teks drama yang sudah direncanakan.
|
|
·
|
4.1
Menginterpretasi, menanggapi dan
memperagakan teks drama, puisi, dan prosa sesuai isi dengan bahasa yang komunikatif.
|
4.4.1
Mengalihwacana-kan (mengubah) teks prosa menjadi teks drama sesuai
kaidah.
4.4.2 Mendeskripsikan
struktur
teks drama dalam rencana pementasan.
4.4.2
Mementaskan teks drama secara berkelompok.
4.4.3
Memberikan komentar
penampilan teman dalam bermain drama.
|
·
Teknik alih wacana
·
Deskripsi rencana pementasan
drama
·
Teknik bermain drama
·
Teknik memberi komentar.
|
|
·
Internet
·
Media massa
·
Naskah drama
·
VCD drama
·
Buku-buku tentang bermain
drama
|
||
5
|
||||||
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan
menggunakan sesuai isi dalam konteks
kebhinekaan
|
1.1.1
Berdoa dengan bahasa
daerah.
1.1.2
Menyapa dengan bahasa daerah
1.1.3
Berkomonikasi menggunakan
bahasa daerah
|
·
Terintegrasi dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
ü
Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa
pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam
dan berkomonikasi menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan.
Jurnal :
ü Catatan guru tentang
perilaku peserta didik selama pembelajaran.
Penilaian Diri:
ü
Peserta didik menilai diri sendiri tentang penggunaannya bahasa daerah.
Penilaian Antar Peserta Didik:
ü
Menilai teman ketika melagukan tembang macapat/mamaca
|
3
JP
|
|
|
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan bahasa daerah untuk menyampaikan
penjelasan.
|
2.2.1 Mengungkapkan pendapat
apa adanya
2.2.2.Menyapa dengan santun
3.1.7
Menyelesaikan tugas tepat waktu
|
|
|
|||
3.4
Mengidentifikasi, memahami,
menganalisis nilai-nilai moral yang
terkandung dalam tembang macapat
|
3.4.1 Menganalisis struktur tembang macapat/mamaca
3.4.2 Menganalisis unsur kebahasaan dalam macapat/ mamaca.
3.4.3 Menjelaskan kata-kata sulit dalam teks tembang macapat/
mamaca.
3.4.4 Menjelaskan pesan moral teks tembang macapat/ mamaca.
|
·
Teks tembang macapat/mamaca
·
Struktur tembang macapat/mamaca:
- Guru
lagu/ guru laghu.
- Guru
wilangan /guru bilangan.
- Guru
gatra/ paddhâ andhegghân
- Watak
tembang
- Sasmita
tembang
·
Watak tembang
macapat/mamaca
·
Unsur kebahasaan.
·
Kata-kata sulit
·
Pesan moral
|
Mengamati :
Ø Peserta didik
mencermati contoh teks tembang macapat/mamaca dari model
Ø Peserta didik mencatat kata-kata sulit dalam
teks tembang macapat/mamaca
.
Ø Peserta didik mencermati
struktur teks tembang macapat/mamaca.
Menanya :
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang struktur teks tembang macapat/mamaca .
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang unsur kebahasaan teks tembang macapat/mamaca.
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang unsur kebahasaan teks tembang macapat/mamaca.
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang arti kata-kata sulit
teks tembang macapat/mamaca.
Ø Peserta didik bertanya
jawab tentang pesan moral teks tembang macapat/mamaca.
Mengumpulkan Informasi :
Ø Peserta didik mencari teks
tembang macapat/mamaca dari berbagai
sumber.
Ø Peserta didik
berdiskusi tentang unsur kebahasaan teks tembang macapat/mamaca.
Ø Peserta didik berdiskusi
tentang unsur kebahasaan teks tembang macapat/mamaca.
Ø Peserta didik berdiskusi
tentang arti kata-kata sulit teks tembang macapat/mamaca.
Ø Peserta didik berdiskusi
tentang pesan moral teks tembang macapat/mamaca.
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis isi teks
tembang macapat/ mamaca .
Ø Peserta didik berlatih
membaca titilaras tembang macapat/ mamaca.
Ø Peserta didik berlatih
melagukan tembang macapat/ mamaca sesuai dengan
titilaras.
Mengomunikasikan :
Ø Peserta didik menceritakan isi tembang macapat/ mamaca.
Ø Peserta didik mengarang tembang macapat berdasarkan kaidah.
Ø Peserta didik membaca
titi laras tembang macapat/ mamaca
Ø Peserta didik melagukan tembang macapat
mamaca sesuai titi laras
Ø Peserta didik memberikan penilaian terhadap penampilan
temannya.
|
Penugasan:
ü Mengarang tembang macapat berdasarkan kaidah.
Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik tentang struktur, unsur kebahasaan, isi, dan pesan moral dalam tembang macapat/mamaca
Tes Praktik:
ü Menceritakan isi tembang macapat/ mamaca.
ü Membaca titi laras
tembang macapat/ mamaca
ü Melagukan tembang macapat mamaca sesuai titi
laras
Portofolio :
Kumpulan
hasil pekerjaan peserta didik tentang:
ü Menganalisis tembang macapat/ mamaca.
ü Mengarang tembang macapat/ mamaca.
|
|
Tuntunan Nyekaraken. Hardja Wiraga.
Ngrengrengan
Kasusastran Jawi. Padma Sukatja
Serat Tri Pama KGPA
Mangku Nagara IV
|
4.4
Menginterpretasi nilai-nilai moral
yang terkandung dalam tembang macapat.
|
4.4.1 Menceritakan isi tembang macapat/ mamaca.
4.4.2 Mengarang tembang macapat berdasarkan kaidah.
4.4.3 Membaca titi laras
tembang macapat/ mamaca
4.4.4 Melagukan tembang macapat mamaca sesuai titi
laras.
|
·
Teknik menceritakan isi teks.
·
Teknik menulis tembang macapat/mamaca
·
Teknik membaca titilaras.
·
Teknik melagukan tembang macapat/ mamaca.
|
|
|||
6
|
||||||
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan
menggunakan sesuai isi dalam konteks
kebhinekaan
|
1.2.1
Berdoa dengan bahasa daerah.
1.2.2
Menyapa dengan bahasa daerah
1.2.3
Berkomonikasi menggunakan
bahasa daerah
|
·
Terintegrasi dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
ü Observasi peserta
didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, memberi salam dan berkomonikasi
menggunakan bahasa daerah dalam format pengamatan
Jurnal :
ü Catatan guru tentang
perilaku peserta didik selama pembelajaran.
Penilaian Diri:
ü Peserta didik menilai diri sendiri tentang
penggunaannya bahasa daerah.
|
4 JP
|
|
|
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
daerah untuk menyampaikan
penjelasan.
|
2.4.1
Mengungkapkan pendapat apa adanya
2.4.2
Menyapa dengan santun.
2.4.3
Menyelesaikan tugas tepat waktu
|
·
Terintegrasi dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
|
|
||
3.5 Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis teks aksara Jawa/carakan
Madhurâ sesuai kaidah
|
3.5.1
Mengidentifikasi teks aksara Jawa/carakan Madhurâ yang memuat angka
Jawa.
3.5.2
Menjelaskan tata cara menulis angka Jawa.
3.5.3
Menjelaskan makna sengkalan
dalam teks aksara Jawa/carakan Madhurâ
|
ØTeks aksara Jawa /carakan Madhurâ yang memuat angka
Jawa.
ØTeknik
menulis angka Jawa
ØTeknik
membaca Sengkalan
·
Makna sengkalan dalam kalimat.
|
Mengamati :
Ø Peserta didik mencermati teks aksara Jawa/carakan Madura yang memuat angka
Jawa.
Ø Peserta didik mencermati teks aksara Jawa/carakan Madhurâ yang
memuat sengkalan.
Ø Peserta didik mencatat/ menandai
kalimat yang memuat angka Jawa atau
sengkalan.
Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab
tentang karakteristik penulisan angka
Jawa.
Ø Peserta didik bertanya jawab
tentang teknik penulisan angka Jawa.
Ø Peserta didik bertanya jawab
tentang karakteristik sengkalan.
Ø Peserta didik bertanya jawab
tentang teknik menulis atau membaca sengkalan.
Ø Peserta didik bertanya jawab
tentang makna sengkalan dalam teks.
Mengumpulkan Informasi :
Ø Peserta didik mencari teks aksara Jawa/carakan Madhurâ yang
memuat angka Jawa atau sengkalan dari berbagai sumber.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang karakteristik penulisan angka Jawa.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang
teknik penulisan angka Jawa.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang
karakteristik sengkalan.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang
teknik menulis atau membaca sengkalan.
Ø Peserta didik berdiskusi tentang
makna sengkalan dalam teks.
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik berlatih menulis
kalimat dengan angka Jawa.
Ø Peserta didik
menginterpretasi sengkalan yang ada dalam teks
aksara Jawa/carakan Madhurâ menjadi angka tahun.
Ø Menyimpulkan makna sengkalan
dalam teks aksara Jawa/carakan Madhurâ
Mengomunikasikan:
Ø Peserta
didik menulis kalimat menggunakan angka
Jawa.
Ø Peserta
didik menulis kalimat yang mengandung sengkalan
menggunakan aksara Jawa/carakan Madhurâ.
Ø Peserta
didik menyalin teks huruf Latin ke dalam
aksara
Jawa/carakan Madhurâ
Ø Peserta
didik membaca cepat teks aksara Jawa/carakan Madhurâ minimal 15 kata per menit
Ø Peserta
didik menceritakan isi atau pesan teks Jawa/carakan Madhurâ
|
Penugasan:
ü Menulis
kalimat menggunakan angka Jawa.
ü Menulis
kalimat yang memuat sengkalan.
ü Menyalin teks aksara Jawa/carakan Madhurâ menjadi aksara Latin.
ü Menyalin teks aksara Latin menjadi aksara Jawa/carakan Madhurâ.
Portofolio:
ü
Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik berupa tulisan teks
berhuruf Latin salinan dari wacana Jawa/carakan Madhurâ
Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik
dalam memahami isi teks aksara Jawa/carakan
Madhurâ.
ü Menilai kemampuan peserta didik
dalam memahami penulisan angka Jawa
dan sengkalan.
Tes Praktik:
ü Membaca cepat teks aksara Jawa/carakan Madhurâ
|
|
·
|
4.5
Membaca cepat teks wacana sastra
atau nonsastra beraksara Jawa/carakan Madhurâ
|
4.5.1
Menulis kalimat menggunakan angka Jawa.
4.5.2
Menulis kalimat yang mengandung sengkalan menggunakan aksara Jawa/carakan Madhurâ.
4.5.3
Menyalin teks huruf Latin ke dalam aksara Jawa/carakan Madhurâ
4.5.4
Membaca cepat teks
aksara Jawa/carakan Madhurâ minimal 15 kata per menit
4.5.5
Menceritakan isi atau pesan teks Jawa/carakan Madhurâ
.
|
· Teknik
menulis kalimat dengan angka Jawa.
· Teknik
menulis kalimat yang memuat sengkalan.
· Teknik
menyalin (transliterasi)
· Teknik
membaca cepat.
|
|
·
Internet
·
Media massa
·
Wewaton panulise aksara
Jawa
|
bagus terus berkarya biar bisa dibuat acuan
BalasHapus