SILABUS B. MADURA KLS X



SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      :  SMA/MA/SMK/MAK
Kelas                           :  X
Semester                     : Ganjil
Kompetensi Inti          :

 KI 1    :     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
 KI 2    :     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3    :     Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
 KI 4    :     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi  keilmuan

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
1.1      Menghargai dan men-syukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah, serta   untuk melestarikandan mengembangkan budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan  kebudayaan  Nasional.
1.1.1        Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan






1.1.2        Memberi salam pada  awal dan akhir pembelajaran






ü  Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan dengan :

ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran
ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran

Penilaian diri :
ü  Peserta didik menilai diri sendiri dalam hal penyelesaian pekerjaan dengan jujur.

Jurnal:

ü Catatan guru tentang ketepatan waktu menyelesaikan hasil berkaitan artikel oleh peserta didik

6 jp
Tatabahasa Baku Bahasa Jawa/Madura

Kamus Bahasa Jawa/Madura

Majalah Barbahasa Jawa/Madura

2.1    Menunjukkan perilaku jujur,       tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa daerah    untuk menunjukkan  tahapan dan langkah kegiatan yang telah ditentukan.
2.1.1        Membuat tanggapan dengan sunghuh-sungguh

2.1.2        Menyelesaikan tugas tepat waktu


3.1     Mengidentifikasi, memahami,       dan menganalisis teks nonsastra (berita, artikel, laporan, dan lainnya) secara lisan dan tulis.


4.1     Menginterpretasi, menanggapi dan mengekspresikan isi teks nonsastra  secara lisan dan tulis.

3.1.1 Menjelaskan struktur artikel.
3.1.2   Menjelaskan jenis artikel.
3.1.3   Menganalisis isi artikel.



4.1.1   Membaca ekspresif teks artikel.
4.1.2   Meringkas artikel
4.1.3   Menanggapi  isi artikel.
4.1.4   Menulis artikel sederhana








·         Teks artikel
·         Struktur artikel
·         Jenis artikel
·         isi artikel



·         Teknik membaca ekspresi
·         Teknik meringkas
·         Teknik menulis artikel
Mengamati:
Ø  Peserta didik membaca artikel
Ø  Peserta didik mencermati  struktur artikel.
Ø  Peserta didik mencermati  jenis artikel.
Ø  Peserta didik mencermati  isi artikel

Menanya :
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang struktur artikel
Ø   Peserta didik bertanya jawab tentang jenis artikel
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang isi artikel

Mengumpulkan Informasi :
  • Peserta didik mencari informasi tentang struktur artikel dari berbagai sumber.
  • Peserta didik mencari informasi tentang jenis artikel dari berbagai sumber.  
  • Peserta didik mendiskusikan isi artikel dari berbagai sumber.

Mengasosiasi :
Ø  Peserta didik  membandingkan jenis artikel dari berbagai sumber.
Ø  Peserta didik menyimpulkan  isi artikel.

Mengomunikasikan:
Ø  Peserta didik menyampaikan tanggapan tentang isi artikel.
Ø  Peserta didik membaca ekspresif artikel.

Penugasan:
ü  Peserta didik ditugasi mencermati teks artikel dan diberi tugas individual untuk menemukan struktur, jenis dan isi artikel

Portofolio : 
ü  Menilai kumpulan artikel hasil pekerjaan peserta didik

Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam menulis tanggapan tentang struktur, jenis, dan isi artikel.

Tes Praktik:

ü Membaca ekspresif artikel.


2
1.2    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan mengunakannya sesuai kaidah dalam konteks kebhinekaan











1.2.1        Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

1.2.2        Memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran.





ü  Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4








                
Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan dengan :
ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.

ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran.

Penilaian Diri :
ü  Peserta didik menilai diri sendiri tentang kejujurannya  dalam mengungkapan perasaan
Jurnal :
ü  Catatan guru tentang perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran

Buku Kasusastran Jawa/Madura

Buku Kawruh Basa Jawa/Madura
2.2     Menunjukkan perilaku jujur,       tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa daerah    untuk menunjukkan  tahapan dan langkah kegiatan yang telah ditentukan.
2.2.1        Mengungkapkan perasaan apa adanya.
2.2.2        Menyelesaikan tugas tepat waktu


3.2      Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis unsur intrinsik maupun ekstrinsik teks sastra klasik dan  modern secara lisan dan tulis.

















4.2   Menginterpretasi, menanggapi dan       mengekspresikan teks sastra modern dan klasik (wayang / topѐng ḍhâlâng) sesuai isi   secara lisan dan tulis.


3.2.1 Menganalisis unsur intrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
3.2.2   Menganalisis unsur ekstrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
3.2.3   Menganalisis   relevansi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng dengan zaman sekarang











4.1.1   Menceritakan isi  cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
4.1.2   Menanggapi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
4.1.3   Membaca indah teks dialog cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng

·         Teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
·         Unsur intrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
·         Unsur ekstrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
·         Relevansi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng dengan zaman sekarang
·      Deskripsi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng


·      Teknik membaca indah teks dialog cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng.
Mengamati:
Ø  Peserta didik menyimak tayangan cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng 
Ø  Peserta didik mencermati  unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik mencermati  unsur ekstrinsik dan ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik mencermati  relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng

Menanya :
Ø  Peserta didik bertanyajawab tentang  unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik bertanyajawab tentang  unsur  ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik bertanyajawab tentang  relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng

Mengumpulkan Informasi :
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang unsur instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang unsur ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng  melalui diskusi
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi

Mengasosiasi :
Ø  Peserta didik menganalisis  unsur intrinsik teks cerita wayang /topѐng ḍhâlâng dari berbagai sumber
Ø  Peserta didik menganalisis  unsur ekstrinsik teks cerita wayang /topѐng ḍhâlâng dari berbagai sumber
Ø  Peserta didik menghubungkan relevansi cerita wayang dengan kehidupan zaman sekarang

Mengomunikasikan:
Ø  Peserta didik menceritakan isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik menanggapi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø  Peserta didik membaca indah teks dialog cerita wayang/ topѐng ḍhâlângdi depan kelas secara bergiliran

Tes Tulis :
·         Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik teks cerita  wayang/ topѐng ḍhâlâng


Penugasan :
·         Menulis ringkasan teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng


Tes Praktik
ü   Membaca indah teks dialog dalam cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng

ü   Menceritakan isi teks  cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng


6  jp

3
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah  dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis.
1.2.3        Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan




1.2.4        Memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran





ü  Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.

ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran.



2.4 Menunjukkan perilaku jujur,       disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa daerah    dalam konteks komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik.
2.4.1   Tidak berkata-kata kotor
2.4.2   Tidak menyela pembicaraan.
2.4.3   Aktif dalam kerja kelompok
·         Terintegrasi dalam  materi pada  KD 3 dan KD 4



ü  Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Jurnal :
ü Catatan  guru tentang kesantunan siswa dalam pembelajaran
6 jp
Buku tentang Drama Bebahasa Jawa/Madura

Buku Kasusastran Jawa/Madura

3.3  Memahami karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran, dialog, dan  berdiskusi sesuai dengan tatakrama.







4.3 Bermain peran, berdialog, atau  berdiskusi sesuai  tatakrama


3.3.1    Mengidentifikasi ciri ragam bahasa lisan dalam teks bermain peran.

3.3.2    Menganalisis karakteristik bahasa lisan dalam bermain peran



4.3.1 Membaca naskah sesuai dengan peran dalam teks

4.3.2 Memperagakan peran sesuai karakter tokoh dalam teks.

4.3.3  Menyusun teks drama sederhana.



·           Teks drama.
·           Ragam bahasa lisan
·           Karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran.




·      Teknik membaca naskah drama.

·      Teknik bermain peran.


·      Teknik menulis naskah drama.



Mengamati:
Ø  Peserta didik mengamati pemodelan bermain peran.
Ø   Peserta didik mencermati  karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran

Menanya :
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran

Mengumpulkan informasi :
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran melalui kerja kelompok
Ø  Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran.

Mengasosiasi :
Ø  Peserta didik menganalisis ragam bahasa  dalam teks drama.
Ø  Peserta didik menghubungkan peran dengan ragam bahasa  yang digunakan.

Mengomunikasikan:

Ø  Peserta didik membaca ekspresif naskah drama.
Ø  Peserta didik memperagakan naskah drama.
Ø  Peserta didik menulis naskah drama.

Penugasan :
·         Menulis naskah drama.

Tes Tulis :
·         Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, karakterisitik bahasa lisan dalam teks bermain peran.
Tes Praktik :
·         Membaca ekspresif naskah drama.
·         Bermain peran.
Portofolio :
 Kumpulan hasil karya peserta didik berupa naskah drama.

4
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dan memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis.
1.3.1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan







1.3.2 Memberi salam pada saat dan akhir pelajaran


ü  Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran.

Jurnal :
ü Catatan  guru tentang perilaku peserta didik dalam pembelajaran.


2.4  Menunjukkan perilaku jujur,       disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa daerah    dalam konteks komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik.
2.4.1        Tidak menyontek dalam mengerjakan tugas
2.4.2        Tidak menjadi plagiator
2.4.3        Mengerjakan tugas tepat waktu


Penilaian Diri :
ü Daftar isian dari peserta didik tentang kejujuran dan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas


3.5   Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis  teks beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah.










4.5   Menyusun paragraf   menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah .


3.5.1   Menandai tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam wacana
3.5.2     Mengelompokkan tata tulis aksara Jawa /carakan Madura sesuai dengan fungsinya.

4.5.1        Menulis kalimat menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah.
4.5.2        Menulis paragraf  menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
4.5.3        Mengalihtuliskan paragraf beraksara Latin ke  aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
·      Teks beraksara Jawa /carakan Madura
·      Tata tulis :
-       pada lingsa/lèngsa
-        pada lungsi/longsè
-       pada adeg-adeg/dhek-adhek.
-       pada pangkat/tanḍhȃ pangkat.
-       dll

·      Fungsi tata tulis aksara Jawa /carakan Madura

·         Teknik menulis  kalimat aksara Jawa /carakan Madura

·         Teknik menulis  paragraf aksara Jawa /carakan Madura

·         Teknik mengalihtuliskan paragraf beraksara Latin ke  aksara Jawa /carakan Madura




Mengamati:
Ø  Peserta didik mencermati tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam teks
Ø  Peserta didik menandai tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam teks

Menanya  :
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura

Mengumpulkan informasi :
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura melalui kerja kelompok
Ø  Peserta didik mendiskusikan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura
Ø  Peserta didik berlatih mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke  aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah

Mengasosiasi :
Ø  Peserta didik menganalisis penerapan tata tulis  aksara Jawa/ carakan Madura
Ø  Peserta didik menyimpulkan  tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura sesuai dengan fungsinya

Mengomunikasikan:
Ø  Peserta didik mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke  aksara Jawa /carakan Madura  dan sebaliknya sesuai kaidah
Ø  Peserta didik menulis paragraf  menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
Tes tertulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan tata tulis  aksara Jawa /carakan Madura

Penugasan:
ü Menulis paragraf menggunakan aksara Jawa /carakan Madura

Tes Praktik:
ü Mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke  aksara Jawa /carakan Madura  dan sebaliknya sesuai kaidah


Portofolio : 
·         Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik  berupa teks ber aksara Jawa/ carakan Madura


6 jp



SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      :  SMA/MA/SMK/MAK
Kelas                           :  X
Semester                     : Genap
Kompetensi Inti          :

KI 1     :     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2     :     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     :     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4     :     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi  keilmuan

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
5
1.1    Menghargai dan men-syukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah, serta   untuk melestarikan dan mengembangkan budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan  kebudayaan  Nasional.
1.1.1        Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

1.1.2 Memberi salam pada saat dan akhir pelajaran
Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.

ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran.

Jurnal :
ü  Catatan  guru tentang kegiatan belajar peserta didik
6 jam
Buku Kawruh Kasusastran Jawa/ Madura
Kamus Bahasa Jawa/Madura
Artikel berbahasa Jawa/Madura
2.1      Menunjukkan sikap tanggung       jawab, peduli, responsif, dan santun menggunakan bahasa daerah   dalam teks sastra dan nonsastra, wacana beraksara Jawa/carakan Madura, dengan tema bahasa, sastra dan budaya daerah.
2.1.1        Membetulkan kesalahan berbahasa teman dalam berkomunikasi


3.4  Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra secara lisan dan tulis.























4.4 Membandingkan penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra secara lisan dan tulis.
3.4.1     Mengidentifikasi karakterisitik bahasa dalam teks sastra.
3.4.2     Mengidentifikasi karakterisitik bahasa dalam teks non sastra
3.4.3     Mengklasifikasikan jenis basa rinengga/lalongèt dalam teks
3.4.4     Menjelaskan makna basa rinengga/lalongèt  dalam teks.
3.4.5     Menganalisis basa rinengga/lalongèt dalam teks
3.4.6     Menganalisis panyandra/oca’ pangalem dalam kegiatan budaya.

4.4.1        Membandingkan penggunaan bahasa dalam teks sastra dengan  teks non sastra.
4.4.2        Membuat kalimat yang memuat basa rinengga/lalongèt
4.4.3     Menulis paragraf yang memuat basa rinengga/lalongèt
3.4.7     Mendemonstrasikan teks panyandra/oca’ pangalem  dalam kegiatan budaya.



·         Teks yang memuat basa rinengga/lalongèt
·         Karakterisitik bahasa dalam teks sastra
·         Jenis basa rinengga/ lalongèt
·         Makna basa rinengga/ lalongèt.
·         Penggunaan basa rinengga/ lalongèt  .
·         panyandra/oca’ pangalem


·         Teks sastra dan non sastra


·      Teknik menyusun kalimat

·      Teknik menyusun  paragraf

·      Teks panyandra/oca’ pangalem  









Mengamati:
Ø Peserta didik membaca teks yang memuat basa rinengga/lalongèt
Ø Peserta didik mencermati  ciri-ciri dan jenis basa rinengga/lalongèt

Menanya:
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang ciri-ciri bahasa dalam teks sastra.
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang ciri-ciri bahasa dalam teks non sastra
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang jenis dan makna basa rinengga/lalongèt

Mengumpulkan Informasi :
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang basa rinengga/lalongèt dalam teks.
Ø  Peserta didik mendiskusikan  basa rinengga/lalongèt dalam teks.
Ø  Peserta didik berlatih menulis kalimat menggunakan   basa rinengga/lalongèt..

Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis  basa rinengga/lalongèt dalam teks
Ø Peserta didik menyimpulkan   jenis basa rinengga/lalongèt berdasarkan perbedaan cirinya

Mengomunikasikan:
Ø  Peserta didik menyampaikan hasil temuan  basa rinengga/lalongèt masing-masing kelompok di depan kelas
Ø  Peserta didik menulis kalimat yang memuat basa  rinengga/lalongèt.
Ø  Peserta didik mengubah kalimat lugas menjadi kalimat yang menggunakan basa  rinengga/lalongèt.
Ø  Peserta didik mendemonstrasikan pembacaan teks panyandra/oca’ pangalem dalam kegiatan budaya
Penugasan:
ü Membuat paragraf menggunakan basa rinengga/lalongèt


Tes  Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan basa rinengga/lalongèt




Tes Praktik
ü  Menyajikan teks panyandra/oca’ pangalem

Portofolio
ü  Kumpulan hasil kerja peserta didik.


6
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
1.3.1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

1.3.2 Memberi salam pada saat dan akhir pelajaran


ü  Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan dengan :
ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.

ü   Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran.

6 jp
Buku Pedoman Penulisan Aksara Jawa/Carakan Madura
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif menggunakan bahasa daerah dalam pelaporan hasil karya sastra dan nonsastra, wacana beraksara Jawa/carakan Madhurả, dengan tema bahasa, sastra dan budaya daerah.
2.2.1  Selalu menggunakan bahasa daerah dalam berkomonikasi

Penilaian Diri
ü Menilai diri sendiri  tentang penggunaan bahasa daerah  dalam berkomunikasi


3.5      Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis  teks beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah











4.5   Menyusun paragraf   menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah



3.5.1   Menjelaskan tatacara penulisan Aksara Murda/aksara rajȃ.
3.5.2   Menjelaskan tatacara penulisan Aksara Swara.
3.5.3   Menjelaskan tatacara penulisan Aksara Rekan/aksara rèkaan.


4.5.1 Menulis kalimat yang mengandung Aksara Murda/aksara rajȃ

4.5.2   Menulis kalimat yang mengandung Aksara Swara.
4.5.3   Menulis kalimat yang mengandung  Aksara Rekan/aksara rèkaan.
4.5.4   Menulis paragraf  yang padu.

·      Teks yang memuat Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan
·      Tata cara penulisan:
- Aksara Murda/aksara rajȃ.
- aksara swara/
·   Aksara Rekan/aksara rèkaan

·      Teknik menulis kalimat menggunakan :
-       Aksara Murda/aksara rajȃ
-       Aksara Swara
-       Aksara Rekan/aksara rèkaan

·      Teknik menulis paragraf


Mengamati:
Ø Peserta didik membaca teks yang memuat  Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan.

Ø Mencermati  tata tulis Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan.

Menanya  :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan tata tulis kalimat menggunakan  Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan.

Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang tata tulis kalimat menggunakan  Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan dari berbagai sumber
Ø Peserta didik berlatih menulis kalimat menggunakan  Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan.

Mengasosiasi :
Ø  Peserta didik menganalisis penerapan  Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan.
Ø  Peserta didik menyimpulkan  tata tulis aksara Jawa/carakan Madura menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan.

Mengomunikasikan:
Ø  Peserta didik menulis kalimat yang memuat  Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan.
Ø   Peserta didik menulis paragraf  padu menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan.

Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik dalam menulis teks aksara Jawa/carakan Madura

Penugasan :
ü Menulis kalimat menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan

Tes Praktik :
ü Menulis paragraf padu menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan
ü Membaca paragraf padu menggunakan Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan


Portofolio : 
ü Kumpulan hasil kerja  peserta didik tentang tatatulis Aksara Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Rekan/aksara rèkaan.




1.4 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis.
1.4.1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

1.4.2 Memberi salam pada saat dan akhir pelajaran

ü  Terintegrasi dalam  pembelajaran pada KD 3 dan KD 4

Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.

ü Observasi peserta didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan akhir pembelajaran.
8 jp

2.1 Menunjukkan sikap tanggung       jawab, peduli, responsif, dan santun menggunakan bahasa daerah   dalam teks sastra dan non sastra, wacana beraksara Jawa/carakan Madhurâ, dengan tema bahasa, sastra dan budaya daerah.
2.1.1  Mengerjakan tugas tepat waktu

2.1.2Tidak menjadi plagiator dalam berkarya

2.1.3Melibatkan diri dalam berbagai kegiatan.

Penilaian Diri:
ü  Menilai diri sendiri tentang tanggung jawab, kejujuran, dan kepedulian dalam mengerjakan tugas.


3.6   Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis  puisi tradisional atau modern  sesuai dengan karakteristik.











4.6  Membaca, mencipta, dan mempublikasikan puisi tradisional atau modern.


3.6.1 Menjelaskan jenis tembang macapat/ mamaca macopat
3.6.2 Menjelaskan ciri-ciri tembang macapat/ mamaca macopat
3.6.3 Menjelaskan isi tembang macapat/ mamaca macopat.




4.6.1Mengarang  tembang macapat/ mamaca macopat.
4.6.2 Mempublikasikan tembang macapat/ mamaca macopat hasil karya sendiri.
4.6.3 Melagukan tembang macapat/mamaca macopat karya sendiri di depan kelas.
4.6.4 Menceritakan isi tembang macapat/mamaca macopat karya sendiri
·         Teks tembang macapat/ mamaca macopat
·         Jenis-jenis tembang macapat/ mamaca macopat
·         Ciri-ciri tembang macapat/ mamaca macopat





·         Teknik penulisan tembang macapat/ mamaca macopat
·         Tatacara publikasi tembang macapat/mamaca macopat
·         Teknik melagukan tembang macapat/ mamaca macopat
Mengamati:
Ø  Peserta didik mencermati jenis tembang macapat/mamaca macopat melalui  VCD.
Ø  Peserta didik mencermati  ciri-ciri tembang macapat
Menanya:
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan ciri-ciri dan jenis tembang macapat/mamaca macopat
Ø  Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan cara membuat teks tembang macapat/mamaca macopat
Mengumpulkan informasi :
Ø  Peserta didik mencari informasi tentang ciri, jenis dan cara membuat tembang macapat/mamaca macopat dari berbagai sumber
Ø  Peserta didik mendiskusikan  ciri, jenis dan cara membuat tembang macapat/mamaca macopat .
Ø  Peserta didik berlatih melagukan tembang macapat/mamaca macopat.
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis  ciri-ciri dan jenis tembang macapat/mamaca macopat
Ø Peserta didik menyimpulkan  tata cara membuat tembang macapat/mamaca macopat .
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik membuat tembang macapat/mamaca macopat
Ø Peserta didik mempublikasikan tembang macapat/mamaca macopat hasil karyanya.
Ø Peserta didik menceritakan isi tembang macapat/mamaca macopat hasil karyanya.
Penugasan :
ü Mengarang tembang macapat/mamaca macopat.


Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik tentang jenis, ciri-ciri, dan isi tembang macapat/mamaca macopat

Tes Praktik:
ü Peserta didik melagukan tembang macapat/mamaca macopat karya sendiri.
ü Peserta didik menceritakan isi tembang macapat/mamaca macopat karya sendiri.


Portofolio : 
ü  Kumpulan hasil karya peserta didik.


o  Buku Kasusastran Jawa/Madura
o  Sarining Kasusastran Jawi
o  Ki PadmaSoekotjo

o  Nyekaraken (Tuntunan Tembang Macapat)
o  Hardja Wiraga

Komentar