SILABUS
MATA PELAJARAN: BAHASA DAERAH
KURIKULUM
2013
Satuan Pendidikan
: SMA/MA/SMK/MAK
Kelas : X
Semester : Ganjil
Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
||||||
1.1 Menghargai dan men-syukuri keberadaan bahasa
daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah, serta untuk melestarikandan mengembangkan budaya
daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan
pengembangan kebudayaan Nasional.
|
1.1.1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan
1.1.2
Memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran
|
ü Terintegrasi dalam
pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü
Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa
pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran
ü
Observasi peserta didik tentang pembiasaan
memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran
Penilaian
diri :
ü Peserta
didik menilai diri sendiri dalam hal penyelesaian pekerjaan dengan jujur.
Jurnal:
ü Catatan
guru tentang ketepatan waktu
menyelesaikan hasil berkaitan artikel oleh peserta didik
|
6 jp
|
Tatabahasa Baku Bahasa
Jawa/Madura
Kamus Bahasa
Jawa/Madura
Majalah Barbahasa
Jawa/Madura
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab,
dan disiplin dalam menggunakan
bahasa daerah untuk menunjukkan tahapan dan langkah
kegiatan yang telah ditentukan.
|
2.1.1
Membuat tanggapan dengan sunghuh-sungguh
2.1.2
Menyelesaikan tugas tepat
waktu
|
|||||
3.1
Mengidentifikasi,
memahami, dan menganalisis teks
nonsastra (berita, artikel, laporan, dan lainnya) secara lisan dan tulis.
4.1
Menginterpretasi, menanggapi dan mengekspresikan isi teks
nonsastra secara lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menjelaskan struktur artikel.
3.1.2 Menjelaskan jenis artikel.
3.1.3 Menganalisis isi artikel.
4.1.1 Membaca ekspresif teks artikel.
4.1.2 Meringkas artikel
4.1.3 Menanggapi isi artikel.
4.1.4 Menulis artikel sederhana
|
·
Teks artikel
·
Struktur artikel
·
Jenis artikel
·
isi artikel
·
Teknik membaca ekspresi
·
Teknik meringkas
·
Teknik menulis artikel
|
Mengamati:
Ø Peserta didik membaca artikel
Ø Peserta didik mencermati struktur artikel.
Ø Peserta didik mencermati jenis artikel.
Ø Peserta didik mencermati isi artikel
Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang struktur artikel
Ø Peserta
didik bertanya jawab tentang jenis artikel
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang isi artikel
Mengumpulkan Informasi :
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik membandingkan jenis artikel dari berbagai sumber.
Ø Peserta didik
menyimpulkan isi artikel.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menyampaikan tanggapan
tentang isi artikel.
Ø Peserta didik membaca ekspresif artikel.
|
Penugasan:
ü
Peserta didik ditugasi mencermati teks artikel dan diberi tugas
individual untuk menemukan struktur, jenis dan isi artikel
Portofolio :
ü
Menilai kumpulan artikel hasil pekerjaan peserta didik
Tes Tulis :
ü
Menilai kemampuan peserta didik dalam menulis tanggapan tentang
struktur, jenis, dan isi artikel.
Tes
Praktik:
ü
Membaca ekspresif artikel.
|
||
2
|
||||||
1.2
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan mengunakannya sesuai kaidah
dalam konteks kebhinekaan
|
1.2.1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan.
1.2.2
Memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran.
|
ü Terintegrasi dalam
pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü
Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa
pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü
Observasi peserta didik tentang pembiasaan
memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
Penilaian Diri :
ü Peserta didik
menilai diri sendiri tentang kejujurannya
dalam mengungkapan perasaan
Jurnal :
ü Catatan guru
tentang perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran
|
Buku Kasusastran
Jawa/Madura
Buku Kawruh Basa
Jawa/Madura
|
||
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa daerah untuk
menunjukkan tahapan dan langkah kegiatan yang
telah ditentukan.
|
2.2.1
Mengungkapkan perasaan apa adanya.
2.2.2
Menyelesaikan tugas tepat waktu
|
|||||
3.2 Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis unsur intrinsik maupun ekstrinsik teks sastra klasik dan modern secara lisan dan tulis.
4.2 Menginterpretasi,
menanggapi dan mengekspresikan
teks sastra modern dan klasik (wayang /
topѐng ḍhâlâng) sesuai isi secara lisan dan tulis.
|
3.2.1 Menganalisis unsur
intrinsik cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
3.2.2
Menganalisis unsur ekstrinsik cerita
wayang/ topѐng ḍhâlâng
3.2.3
Menganalisis relevansi isi
cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
dengan zaman sekarang
4.1.1
Menceritakan isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
4.1.2
Menanggapi isi cerita wayang/ topѐng
ḍhâlâng
4.1.3
Membaca indah teks dialog cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
|
·
Teks cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
·
Unsur intrinsik cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
·
Unsur ekstrinsik cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng
·
Relevansi isi cerita wayang/
topѐng ḍhâlâng dengan zaman sekarang
·
Deskripsi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
· Teknik
membaca indah teks dialog cerita
wayang/ topѐng ḍhâlâng.
|
Mengamati:
Ø Peserta didik menyimak
tayangan cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik mencermati unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik mencermati unsur ekstrinsik dan ekstrinsik
teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik mencermati relevansi
teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Menanya :
Ø Peserta didik bertanyajawab tentang unsur intrinsik dan instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik bertanyajawab tentang unsur ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik bertanyajawab tentang relevansi
teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Mengumpulkan Informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang unsur instrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi
Ø Peserta didik mencari informasi tentang unsur ekstrinsik teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui
diskusi
Ø Peserta didik mencari informasi tentang relevansi teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng melalui diskusi
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis unsur intrinsik teks
cerita wayang /topѐng ḍhâlâng dari berbagai sumber
Ø Peserta didik menganalisis unsur ekstrinsik teks
cerita wayang /topѐng ḍhâlâng dari berbagai sumber
Ø Peserta didik menghubungkan relevansi cerita wayang dengan
kehidupan zaman sekarang
Mengomunikasikan:
Ø Peserta
didik menceritakan isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta
didik menanggapi isi cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Ø Peserta didik membaca indah teks dialog cerita wayang/ topѐng ḍhâlângdi depan kelas secara bergiliran
|
Tes Tulis :
·
Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami
unsur intrinsik dan ekstrinsik teks cerita
wayang/ topѐng ḍhâlâng
Penugasan :
·
Menulis
ringkasan teks cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
Tes Praktik
ü
Membaca indah teks dialog dalam cerita wayang/ topѐng ḍhâlâng
ü
Menceritakan isi teks cerita
wayang/ topѐng ḍhâlâng
|
6 jp
|
|
3
|
||||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
daerah dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi
lisan dan tulis.
|
1.2.3
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan
1.2.4
Memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran
|
ü Terintegrasi dalam
pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta
didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta
didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
|
|||
2.4 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, peduli, dan
santun dalam menggunakan bahasa daerah
dalam konteks komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial,
politik, ekonomi, dan kebijakan publik.
|
2.4.1 Tidak berkata-kata kotor
2.4.2 Tidak menyela pembicaraan.
2.4.3 Aktif dalam kerja kelompok
|
·
Terintegrasi dalam materi
pada KD 3 dan KD 4
|
ü
Terintegrasi dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Jurnal :
ü Catatan guru
tentang kesantunan siswa dalam pembelajaran
|
6 jp
|
Buku tentang Drama
Bebahasa Jawa/Madura
Buku Kasusastran
Jawa/Madura
|
3.3 Memahami karakteristik bahasa
lisan dalam kegiatan bermain peran, dialog, dan berdiskusi sesuai dengan tatakrama.
4.3 Bermain peran, berdialog, atau berdiskusi sesuai tatakrama
|
3.3.1
Mengidentifikasi ciri ragam bahasa lisan dalam teks bermain peran.
3.3.2
Menganalisis karakteristik bahasa
lisan dalam bermain peran
4.3.1 Membaca naskah sesuai dengan peran dalam teks
4.3.2 Memperagakan
peran sesuai karakter tokoh dalam teks.
4.3.3 Menyusun teks drama sederhana.
|
·
Teks drama.
·
Ragam bahasa lisan
·
Karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran.
· Teknik membaca naskah drama.
· Teknik
bermain peran.
· Teknik
menulis naskah drama.
|
Mengamati:
Ø Peserta didik mengamati pemodelan bermain peran.
Ø Peserta
didik mencermati karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan
bermain peran
Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan
bermain peran
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan
bermain peran melalui kerja kelompok
Ø Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan
bermain peran.
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis ragam bahasa dalam teks drama.
Ø Peserta didik menghubungkan peran dengan
ragam bahasa yang digunakan.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik membaca ekspresif naskah drama.
Ø Peserta didik memperagakan naskah drama.
Ø Peserta didik menulis naskah drama.
|
Penugasan
:
·
Menulis
naskah drama.
Tes Tulis :
·
Menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, karakterisitik bahasa lisan dalam teks bermain peran.
Tes Praktik :
·
Membaca
ekspresif naskah drama.
·
Bermain
peran.
Portofolio
:
Kumpulan
hasil karya peserta didik berupa naskah drama.
|
||
4
|
||||||
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dan memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan
dan tulis.
|
1.3.1 Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.3.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
|
ü Terintegrasi dalam
pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta
didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta
didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
Jurnal :
ü Catatan guru tentang perilaku peserta didik dalam
pembelajaran.
|
|||
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam
menggunakan bahasa daerah dalam
konteks komunikasi lisan maupun tulis mengenai konflik sosial, politik, ekonomi,
dan kebijakan publik.
|
2.4.1
Tidak menyontek dalam mengerjakan tugas
2.4.2
Tidak menjadi plagiator
2.4.3
Mengerjakan tugas tepat waktu
|
Penilaian Diri :
ü Daftar isian dari peserta
didik tentang kejujuran dan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas
|
||||
3.5 Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis teks beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah.
4.5 Menyusun
paragraf menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah .
|
3.5.1 Menandai tata tulis aksara Jawa /carakan Madura
dalam wacana
3.5.2 Mengelompokkan
tata tulis aksara Jawa /carakan Madura sesuai dengan
fungsinya.
4.5.1
Menulis kalimat menggunakan
aksara Jawa /carakan Madura sesuai
kaidah.
4.5.2
Menulis paragraf menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
4.5.3
Mengalihtuliskan paragraf
beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan
Madura sesuai kaidah
|
·
Teks beraksara Jawa /carakan Madura
·
Tata tulis :
-
pada lingsa/lèngsa
-
pada lungsi/longsè
-
pada adeg-adeg/dhek-adhek.
-
pada pangkat/tanḍhȃ pangkat.
-
dll
·
Fungsi
tata tulis aksara Jawa /carakan Madura
·
Teknik menulis kalimat aksara
Jawa /carakan Madura
·
Teknik menulis paragraf aksara Jawa /carakan Madura
·
Teknik mengalihtuliskan
paragraf beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan
Madura
|
Mengamati:
Ø Peserta didik mencermati tata tulis aksara
Jawa /carakan
Madura dalam teks
Ø Peserta
didik menandai tata tulis aksara Jawa /carakan Madura dalam teks
Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang tata tulis
aksara Jawa/ carakan Madura
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang tata tulis
aksara Jawa/ carakan Madura melalui kerja kelompok
Ø Peserta didik mendiskusikan tata tulis
aksara Jawa/ carakan Madura
Ø Peserta didik berlatih mengalihtuliskan paragaraf beraksara
Latin ke aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis penerapan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura
Ø Peserta didik menyimpulkan tata tulis aksara Jawa/ carakan Madura sesuai dengan
fungsinya
Mengomunikasikan:
Ø
Peserta didik mengalihtuliskan paragaraf beraksara Latin ke aksara
Jawa /carakan Madura dan sebaliknya sesuai kaidah
Ø
Peserta didik menulis
paragraf menggunakan aksara Jawa /carakan
Madura sesuai kaidah
|
Tes tertulis :
ü
Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan tata
tulis aksara Jawa /carakan Madura
Penugasan:
ü
Menulis paragraf menggunakan aksara Jawa /carakan Madura
Tes Praktik:
ü
Mengalihtuliskan paragaraf
beraksara Latin ke aksara Jawa /carakan
Madura dan sebaliknya sesuai
kaidah
Portofolio :
·
Kumpulan
hasil pekerjaan peserta didik berupa
teks ber aksara Jawa/ carakan Madura
|
6 jp
|
SILABUS MATA PELAJARAN: BAHASA
DAERAH
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan
: SMA/MA/SMK/MAK
Kelas : X
Semester : Genap
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin
tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai isi keilmuan
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
5
|
||||||
1.1 Menghargai dan men-syukuri keberadaan
bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
berbahasa daerah, serta untuk
melestarikan dan mengembangkan budaya daerah untuk
didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kebudayaan
Nasional.
|
1.1.1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.1.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
|
Terintegrasi
dalam pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü Observasi peserta
didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta
didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
Jurnal :
ü Catatan guru tentang kegiatan belajar peserta didik
|
6 jam
|
Buku Kawruh Kasusastran
Jawa/ Madura
Kamus Bahasa Jawa/Madura
Artikel berbahasa
Jawa/Madura
|
|
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
menggunakan bahasa daerah dalam teks
sastra dan nonsastra, wacana beraksara Jawa/carakan Madura, dengan tema
bahasa, sastra dan budaya daerah.
|
2.1.1
Membetulkan kesalahan berbahasa teman dalam berkomunikasi
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra secara lisan dan tulis.
4.4 Membandingkan
penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra secara lisan dan tulis.
|
3.4.1
Mengidentifikasi karakterisitik bahasa dalam teks
sastra.
3.4.2
Mengidentifikasi karakterisitik bahasa dalam teks non
sastra
3.4.3
Mengklasifikasikan jenis basa rinengga/lalongèt dalam
teks
3.4.4
Menjelaskan makna basa rinengga/lalongèt dalam teks.
3.4.5
Menganalisis basa rinengga/lalongèt dalam teks
3.4.6
Menganalisis panyandra/oca’ pangalem dalam kegiatan budaya.
4.4.1
Membandingkan penggunaan bahasa
dalam teks sastra dengan teks non
sastra.
4.4.2
Membuat kalimat yang memuat basa
rinengga/lalongèt
4.4.3
Menulis paragraf yang memuat basa
rinengga/lalongèt
3.4.7
Mendemonstrasikan teks
panyandra/oca’ pangalem dalam kegiatan budaya.
|
·
Teks yang memuat basa
rinengga/lalongèt
·
Karakterisitik bahasa dalam teks sastra
·
Jenis basa rinengga/ lalongèt
·
Makna basa rinengga/ lalongèt.
·
Penggunaan basa rinengga/ lalongèt .
·
panyandra/oca’ pangalem
·
Teks sastra dan non sastra
· Teknik menyusun kalimat
· Teknik menyusun paragraf
· Teks panyandra/oca’ pangalem
|
Mengamati:
Ø Peserta didik membaca teks yang memuat basa rinengga/lalongèt
Ø Peserta didik mencermati ciri-ciri dan jenis basa rinengga/lalongèt
Menanya:
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang ciri-ciri bahasa
dalam teks sastra.
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang ciri-ciri bahasa
dalam teks non sastra
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang jenis dan makna basa
rinengga/lalongèt
Mengumpulkan Informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang basa rinengga/lalongèt dalam
teks.
Ø Peserta didik mendiskusikan basa rinengga/lalongèt dalam
teks.
Ø Peserta didik berlatih menulis kalimat
menggunakan basa rinengga/lalongèt..
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis basa rinengga/lalongèt
dalam teks
Ø Peserta didik menyimpulkan jenis basa
rinengga/lalongèt
berdasarkan perbedaan cirinya
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menyampaikan hasil temuan basa rinengga/lalongèt masing-masing
kelompok di depan kelas
Ø Peserta didik menulis kalimat yang memuat basa
rinengga/lalongèt.
Ø Peserta didik mengubah kalimat lugas menjadi
kalimat yang menggunakan basa rinengga/lalongèt.
Ø Peserta didik mendemonstrasikan pembacaan teks panyandra/oca’
pangalem
dalam kegiatan budaya
|
Penugasan:
ü
Membuat paragraf menggunakan basa rinengga/lalongèt
Tes Tulis :
ü
Menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan basa rinengga/lalongèt
Tes
Praktik
ü
Menyajikan teks panyandra/oca’
pangalem
Portofolio
ü
Kumpulan hasil kerja peserta didik.
|
||
6
|
||||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
|
1.3.1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.3.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
|
ü Terintegrasi dalam
pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap
spiriual dan sosial peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar
observasi yang berkaitan dengan :
ü
Observasi peserta didik tentang pembiasaan berdoa
pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü
Observasi peserta didik tentang pembiasaan
memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
|
6 jp
|
Buku Pedoman Penulisan
Aksara Jawa/Carakan Madura
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif menggunakan bahasa daerah dalam
pelaporan hasil karya sastra dan nonsastra, wacana beraksara Jawa/carakan
Madhurả, dengan tema bahasa, sastra dan budaya daerah.
|
2.2.1 Selalu
menggunakan bahasa daerah dalam berkomonikasi
|
Penilaian Diri
ü Menilai
diri sendiri tentang penggunaan bahasa
daerah dalam berkomunikasi
|
||||
3.5
Mengidentifikasi,
memahami, dan menganalisis teks
beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah
4.5 Menyusun paragraf menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah
|
3.5.1
Menjelaskan tatacara penulisan Aksara
Murda/aksara rajȃ.
3.5.2
Menjelaskan tatacara penulisan Aksara
Swara.
3.5.3
Menjelaskan tatacara penulisan Aksara
Rekan/aksara rèkaan.
4.5.1 Menulis kalimat yang mengandung Aksara
Murda/aksara rajȃ
4.5.2
Menulis kalimat yang mengandung Aksara Swara.
4.5.3
Menulis kalimat yang mengandung Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
4.5.4
Menulis paragraf yang padu.
|
· Teks yang memuat Aksara
Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan
· Tata cara penulisan:
- Aksara
Murda/aksara rajȃ.
- aksara swara/
· Aksara Rekan/aksara rèkaan
· Teknik menulis kalimat
menggunakan :
-
Aksara Murda/aksara rajȃ
-
Aksara Swara
-
Aksara Rekan/aksara rèkaan
· Teknik menulis paragraf
|
Mengamati:
Ø Peserta didik membaca teks yang memuat Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Ø Mencermati
tata tulis Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Menanya :
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan tata tulis kalimat menggunakan Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang tata tulis kalimat menggunakan Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan dari berbagai sumber
Ø
Peserta didik berlatih menulis kalimat
menggunakan Aksara
Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan.
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis penerapan Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Ø Peserta didik menyimpulkan tata tulis aksara Jawa/carakan Madura menggunakan Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menulis
kalimat yang memuat Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
Ø Peserta
didik menulis paragraf padu menggunakan Aksara Murda/aksara
rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
|
Tes Tulis :
ü Menilai kemampuan peserta didik
dalam menulis teks aksara Jawa/carakan
Madura
Penugasan :
ü Menulis kalimat menggunakan Aksara
Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara
rèkaan
Tes Praktik :
ü Menulis
paragraf padu menggunakan Aksara
Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan
ü Membaca
paragraf padu menggunakan Aksara
Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Aksara Rekan/aksara rèkaan
Portofolio
:
ü Kumpulan hasil kerja peserta didik tentang tatatulis Aksara
Murda/aksara rajȃ, Aksara Swara, dan Rekan/aksara
rèkaan.
|
||
1.4 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa daerah dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam
mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis.
|
1.4.1 Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
1.4.2 Memberi
salam pada saat dan akhir pelajaran
|
ü Terintegrasi dalam
pembelajaran pada KD 3 dan KD 4
|
Observasi:
Mengamati sikap spiriual dan sosial
peserta didik dalam pembelajaran menggunakan lembar observasi yang berkaitan
dengan :
ü Observasi peserta
didik tentang pembiasaan berdoa pada saat mengawali dan mengakhiri pembelajaran.
ü Observasi peserta
didik tentang pembiasaan memberi salam pada awal dan
akhir pembelajaran.
|
8 jp
|
||
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli,
responsif, dan santun menggunakan bahasa daerah dalam teks sastra dan non sastra, wacana
beraksara Jawa/carakan Madhurâ,
dengan tema bahasa, sastra dan budaya daerah.
|
2.1.1 Mengerjakan
tugas
tepat waktu
2.1.2Tidak menjadi plagiator dalam berkarya
2.1.3Melibatkan
diri dalam berbagai kegiatan.
|
Penilaian Diri:
ü Menilai diri sendiri tentang tanggung jawab, kejujuran, dan kepedulian
dalam mengerjakan tugas.
|
||||
3.6 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis puisi tradisional atau modern sesuai dengan karakteristik.
4.6 Membaca, mencipta, dan
mempublikasikan puisi tradisional atau modern.
|
3.6.1 Menjelaskan jenis tembang macapat/ mamaca macopat
3.6.2 Menjelaskan ciri-ciri tembang macapat/ mamaca macopat
3.6.3 Menjelaskan isi
tembang macapat/ mamaca macopat.
4.6.1Mengarang tembang macapat/ mamaca macopat.
4.6.2 Mempublikasikan
tembang macapat/ mamaca macopat hasil karya sendiri.
4.6.3 Melagukan tembang macapat/mamaca macopat karya
sendiri di depan kelas.
4.6.4 Menceritakan isi tembang macapat/mamaca macopat karya sendiri
|
·
Teks
tembang macapat/ mamaca
macopat
·
Jenis-jenis tembang macapat/ mamaca macopat
·
Ciri-ciri tembang macapat/ mamaca
macopat
·
Teknik penulisan tembang macapat/ mamaca macopat
·
Tatacara publikasi tembang macapat/mamaca
macopat
·
Teknik
melagukan tembang macapat/ mamaca
macopat
|
Mengamati:
Ø Peserta didik mencermati jenis tembang macapat/mamaca macopat melalui VCD.
Ø Peserta didik mencermati ciri-ciri tembang macapat
Menanya:
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang
berhubungan dengan ciri-ciri dan jenis
tembang macapat/mamaca macopat
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang
berhubungan dengan cara membuat teks tembang
macapat/mamaca macopat
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik mencari informasi tentang ciri, jenis dan cara membuat tembang macapat/mamaca macopat
dari berbagai sumber
Ø Peserta didik mendiskusikan ciri, jenis dan cara
membuat tembang macapat/mamaca macopat .
Ø Peserta didik berlatih melagukan tembang macapat/mamaca macopat.
Mengasosiasi :
Ø Peserta didik menganalisis ciri-ciri
dan jenis tembang macapat/mamaca macopat
Ø Peserta didik menyimpulkan tata cara membuat tembang macapat/mamaca macopat .
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik membuat
tembang macapat/mamaca macopat
Ø Peserta didik mempublikasikan
tembang macapat/mamaca macopat
hasil karyanya.
Ø Peserta didik menceritakan isi tembang macapat/mamaca macopat hasil karyanya.
|
Penugasan :
ü
Mengarang tembang
macapat/mamaca macopat.
Tes Tulis :
ü
Menilai kemampuan peserta didik tentang jenis, ciri-ciri, dan isi tembang macapat/mamaca macopat
Tes Praktik:
ü
Peserta didik melagukan tembang macapat/mamaca
macopat karya sendiri.
ü
Peserta didik menceritakan isi
tembang macapat/mamaca macopat karya
sendiri.
Portofolio :
ü
Kumpulan hasil karya peserta didik.
|
o
Buku Kasusastran Jawa/Madura
o
Sarining Kasusastran Jawi
o
Ki PadmaSoekotjo
o
Nyekaraken (Tuntunan Tembang Macapat)
o
Hardja Wiraga
|
Komentar
Posting Komentar