PROMES B. MADURA SEMESTER GENAP KLS X



PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nama Sekolah         : SMA Plus Miftahul  Ulum
Kelas/ Semester      : X/2
Mata Pelajaran        : Bahasa Daerah
Aspek                        : Oca’ Pangalem
Standar Kompetensi: 4. Memahami Dan Menganalisis Penggunaan Bahasa Dalam Teks Sastra Dan Non Sastra Secara Lisan Dan Tulis.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5.1  Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra secara lisan dan tulis.


5.1.1    Mengidentifikasi karakterisitik bahasa dalam teks sastra.
5.1.2    Mengidentifikasi karakterisitik bahasa dalam teks non sastra
5.1.3    Mengklasifikasikan jenis basa rinengga/lalongèt dalam teks
5.1.4    Menjelaskan makna basa rinengga/lalongèt  dalam teks.
5.1.5    Menganalisis basa rinengga/lalongèt dalam teks
Basa Rinengga/ Lalongèt dan Panyandra/Oca’ Pangalem

6 JP

1


1








1


1









1


1























5.2  Membandingkan penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra secara lisan dan tulis.


5.2.1   Menganalisis panyandra/oca’ pangalem dalam kegiatan budaya.
5.2.2   Membandingkan penggunaan bahasa dalam teks sastra dengan  teks non sastra.
5.2.3   Membuat kalimat yang memuat basa rinengga/lalongèt
5.2.4   Menulis paragraf yang memuat basa rinengga/lalongèt
5.2.5   Mendemonstrasikan teks panyandra/oca’ pangalem  dalam kegiatan budaya.
Basa Rinengga/ Lalongèt dan Panyandra/Oca’ Pangalem

6 JP







1


1







1

1









1

1



























































                                                                                                                                                                     Sumenep,    Juli 2015
Mengetahui
Kepala SMA Plus Miftahul Ulum

Moh. Iksan, S.Pd, M.T
NIP.

Guru Mata Pelajaran

Halimatus Sa’diyah, S.Sy












PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Nama Sekolah         : SMA Plus Miftahul Ulum
Kelas/ Semester      : X/2
Mata Pelajaran        : Bahasa Daerah
Aspek                        : Aksara Murda/ Aksara Rajȃ.
Standar Kompetensi: 6. Memahami Tatacara Penulisan Aksara Murda/Aksara Rajȃ Dan Aksara Rekan/Aksara Rèkaan
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4

6.1  Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis  teks beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah


6.1.1    Menjelaskan tatacara penulisan Aksara Murda / aksara rajȃ.
6.1.2    Menjelaskan tatacara penulisan Aksara Swara.
6.1.3    Menjelaskan tatacara penulisan Aksara Rekan/aksara rèkaan.
Aksara Murda/ Aksara Rajȃ.

6 JP











2



2








2


UJIAN


TENGAH


SEMESTER





















6.2  Menyusun paragraf   menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah

6.2.1   Menulis kalimat yang mengandung Aksara Murda/aksara rajȃ
6.2.2   Menulis kalimat yang mengandung Aksara Swara.
6.2.3   Menulis kalimat yang mengandung  Aksara Rekan/aksara rèkaan.
6.2.4   Menulis paragraf  yang padu.
Aksara Murda/ Aksara Rajȃ.

6 JP











1




1









2












2
EFEKTIF
 FAKULTATIF


















































            .                                                                                                                         
                                                                                                                     Sumenep,    Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMA Plus Miftahul Ulum


Moh. Iksan. S.Pd,M.T
NIP.

Guru Mata Pelajaran


Halimatus Sa’diyah, S.Sy

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Nama Sekolah         : SMA Plus Miftahul Ulum
Kelas/ Semester      : X/2
Mata Pelajaran        : Bahasa Daerah
Aspek                        : Tembang Macapat/Mamaca Macopat
Standar Kompetensi: 7. Memahami dan mampu Melagukan Tembang Macapat/Mamaca Macopat Karya Sendiri
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4

7.1  Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis  puisi tradisional atau modern  sesuai dengan karakteristik.


7.1.1    Menjelaskan jenis tembang macapat/ mamaca macopat
7.1.2    Menjelaskan ciri-ciri tembang macapat/ mamaca macopat
7.1.3    Menjelaskan isi tembang macapat/ mamaca macopat.
7.1.4    Mengarang  tembang macapat/ mamaca macopat.
Tembang Macapat/ Mamaca Macopat
6 JP














EFEKTIF
 FAKULTATIF







1


1
UJIAN AKHIR NASIONAL












2








2



UJIAN KENAIKAN KELAS
LIBUR PERMULAAN PUASA
L IBUR SEMESTER GENAP
L IBUR SEMESTER GENAP
L IBUR SEMESTER GENAP

7.2  Membaca, mencipta, dan mempublikasikan puisi tradisional atau modern.

7.2.1   Mempublikasikan tembang macapat/ mamaca macopat hasil karya sendiri.
7.2.2  Melagukan tembang macapat/mamaca macopat karya sendiri di depan kelas.
7.2.3  Menceritakan isi tembang macapat/mamaca macopat karya sendiri
Tembang Macapat/ Mamaca Macopat
4 JP


























1


1







2


Uji Materi
2 JP




















2







































                                                                                                                     Sumenep,    Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMA Plus Miftahul Ulum


Moh. Iksan, S.Pd, M.T
NIP.

Guru Mata Pelajaran


Halimatus Sa’diyah, S.Sy

Komentar