PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Sekolah : SMA Plus Miftahul Ulum
Kelas/ Semester :
X/2
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah
Aspek : Oca’ Pangalem
Standar Kompetensi: 4. Memahami Dan Menganalisis Penggunaan Bahasa
Dalam Teks Sastra Dan Non Sastra Secara Lisan Dan Tulis.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
5.1 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis
penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra
secara lisan dan tulis.
|
5.1.1 Mengidentifikasi
karakterisitik bahasa dalam teks sastra.
5.1.2 Mengidentifikasi
karakterisitik bahasa dalam teks non sastra
5.1.3 Mengklasifikasikan
jenis basa rinengga/lalongèt dalam
teks
5.1.4 Menjelaskan makna basa rinengga/lalongèt dalam teks.
5.1.5 Menganalisis basa rinengga/lalongèt dalam
teks
|
Basa Rinengga/ Lalongèt dan Panyandra/Oca’ Pangalem
|
6 JP
|
1
1
|
1
1
|
1
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2 Membandingkan
penggunaan bahasa dalam teks sastra dan non sastra secara lisan dan tulis.
|
5.2.1 Menganalisis panyandra/oca’ pangalem dalam kegiatan budaya.
5.2.2 Membandingkan penggunaan bahasa dalam teks sastra
dengan teks non sastra.
5.2.3 Membuat kalimat yang memuat basa rinengga/lalongèt
5.2.4 Menulis paragraf yang memuat basa rinengga/lalongèt
5.2.5 Mendemonstrasikan teks panyandra/oca’ pangalem dalam
kegiatan budaya.
|
Basa Rinengga/ Lalongèt dan Panyandra/Oca’ Pangalem
|
6 JP
|
|
|
|
1
1
|
1
1
|
1
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sumenep, Juli 2015
Mengetahui
Kepala
SMA Plus Miftahul Ulum
Moh.
Iksan, S.Pd, M.T
NIP.
|
Guru
Mata Pelajaran
Halimatus
Sa’diyah, S.Sy
|
PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Sekolah : SMA Plus Miftahul Ulum
Kelas/ Semester :
X/2
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah
Aspek : Aksara
Murda/ Aksara
Rajȃ.
Standar
Kompetensi: 6. Memahami Tatacara Penulisan Aksara Murda/Aksara
Rajȃ Dan Aksara Rekan/Aksara
Rèkaan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
6.1 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis teks beraksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah
|
6.1.1 Menjelaskan tatacara penulisan Aksara
Murda / aksara
rajȃ.
6.1.2 Menjelaskan tatacara penulisan Aksara
Swara.
6.1.3 Menjelaskan tatacara penulisan Aksara
Rekan/aksara rèkaan.
|
Aksara Murda/ Aksara Rajȃ.
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
2
|
|
|
UJIAN
TENGAH
SEMESTER
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6.2 Menyusun paragraf
menggunakan aksara Jawa/ carakan
Madura sesuai kaidah
|
6.2.1
Menulis kalimat yang mengandung Aksara
Murda/aksara rajȃ
6.2.2
Menulis kalimat yang mengandung Aksara
Swara.
6.2.3
Menulis kalimat yang mengandung Aksara Rekan/aksara
rèkaan.
6.2.4
Menulis paragraf yang padu.
|
Aksara Murda/ Aksara Rajȃ.
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
1
|
2
|
2
|
EFEKTIF
FAKULTATIF
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
.
Sumenep, Juli 2016
Mengetahui
Kepala
SMA Plus Miftahul Ulum
Moh.
Iksan. S.Pd,M.T
NIP.
|
Guru
Mata Pelajaran
Halimatus
Sa’diyah, S.Sy
|
PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 2015 / 2016
Nama Sekolah : SMA Plus Miftahul Ulum
Kelas/ Semester :
X/2
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah
Aspek : Tembang
Macapat/Mamaca Macopat
Standar Kompetensi:
7. Memahami dan
mampu Melagukan Tembang Macapat/Mamaca Macopat Karya
Sendiri
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
7.1 Mengidentifikasi, memahami, dan
menganalisis puisi tradisional atau
modern sesuai dengan karakteristik.
|
7.1.1
Menjelaskan jenis
tembang macapat/ mamaca macopat
7.1.2 Menjelaskan ciri-ciri tembang macapat/ mamaca macopat
7.1.3 Menjelaskan isi tembang macapat/ mamaca macopat.
7.1.4 Mengarang tembang macapat/ mamaca macopat.
|
Tembang Macapat/ Mamaca
Macopat
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
EFEKTIF
FAKULTATIF
|
1
1
|
UJIAN AKHIR NASIONAL
|
2
|
2
|
|
|
|
UJIAN KENAIKAN KELAS
|
LIBUR PERMULAAN PUASA
|
L IBUR SEMESTER GENAP
|
L IBUR SEMESTER GENAP
|
L IBUR SEMESTER GENAP
|
||
7.2 Membaca, mencipta, dan mempublikasikan puisi tradisional atau
modern.
|
7.2.1 Mempublikasikan
tembang macapat/ mamaca macopat
hasil karya sendiri.
7.2.2 Melagukan tembang
macapat/mamaca macopat karya sendiri di depan kelas.
7.2.3 Menceritakan isi tembang macapat/mamaca macopat karya sendiri
|
Tembang Macapat/ Mamaca
Macopat
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
1
|
2
|
|
|||||||||
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
||||
Sumenep, Juli 2016
Mengetahui
Kepala
SMA Plus Miftahul Ulum
Moh. Iksan, S.Pd, M.T
NIP.
|
Guru
Mata Pelajaran
Halimatus Sa’diyah,
S.Sy
|
Komentar
Posting Komentar